People Innovation Excellence

Perhitungan Cicilan dengan Konsep Anuitas (Annuity)

Oleh Shelvy Kurniawan, SE., MM

Konsep anuitas merupakan pembayaran dengan jumlah uang yang sama pada akhir setiap periode selama periode tertentu dan memungkinkan uang tersebut berbunga. Salah satu contoh penerapan konsep anuitas adalah saat kita membeli barang dan ingin membayarnya secara kredit, jumlah cicilan yang harus kita bayar setiap periode waktu tertentu dapat kita hitung dengan konsep anuitas. Jumlah yang kita pinjam saat ini dinamakan nilai sekarang dari anuitas (present value of annuity).

Seseorang membeli mobil seharga Rp. 300.000.000. Saat ini ia hanya mampu membayar DP sebesar 62% dan sisanya akan dibayar dengan secara kredit selama 2 tahun dengan tingkat suku bunga tetap sebesar 5% per tahun. Berapakah besarnya cicilan yang harus ia bayarkan per bulan?

Diketahui:
Harga mobil = Rp 300.000.000.
DP = 62% Rp 300.000.000 = Rp 186.000.000
Sisa Hutang = Rp 300.000.000 ? Rp 186.000.000 = Rp 114.000.000 ? sisa hutang ini yang akan dibayar oleh si pembeli secara kredit

PV = Rp 114.000.000 ? PV pada kasus amortisasi pinjaman adalah nilai sekarang dari jumlah pinjaman (hutang)
Bunga = 5% per tahun
n = 2 tahun
m = 12 bulan ? karena pembayaran cicilan per bulan

Ditanya:
Besarnya pembayaran cicilan per bulan – PMT ?

Cara Penyelesaian:

Rumus:untitleduntitleduntitledJadi, dengan jumlah hutang saat ini sebesar Rp 114.000.000, jika dibayar dengan cicilan selama 2 tahun (24 bulan) dengan bunga 5% per tahun, maka jumlah cicilan yang harus dibayar di setiap bulannya, yaitu sebesar Rp 5.001.338,43 per bulan.

Untuk pembuktian bagi rekan-rekan terkait perhitungan present value of annuity pada kasus amortisasi pinjaman di atas, yaitu sebagai berikut.
Note:
? Anuitas (PMT) dalam kasus amortisasi pinjaman adalah pembayaran cicilan di setiap periode
? Bunga dalam anuitas adalah ?Bunga per bulan (i/m) Sisa Hutang?.
? Pembayaran pinjaman pokok adalah ?PMT ? Pembayaran Bunga? untitledTerbukti bahwa setelah membayar cicilan selama 24 bulan, hutang kredit mobil sudah lunas.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close