People Innovation Excellence

Digital Marketing is About Content Marketing

Oleh: Alex Maulana, SE, MM

PASAR SUDAH MULAI KRITIS DALAM MENCARI INFORMASI, KETIKA MARKETING TRADISIONAL SUDAH DIRASA KURANG EFEKTIF MAKA ADA PENDEKATAN BARU, YAITU CONTENT MARKETING.

Dunia pemasaran sudah banyak mengalami perubahan yang signifikan hal ini dikarena persaingan produsen, perubahan perilaku konsumen, dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Marketing tradisional yang kita kenal sudah mengalami pergeseran karena konsumen sudah mulai kritis hal ini disebabkan kemudahan mereka dalam mendapatkan informasi.

Iklan-iklan di media cetak sudah hampir dilewatkan begitu saja, iklan di televisi sudah lama dihindari dariremote control, banner di media online pun nyaris tidak dipandang, hal seperti ini membuat para marketer semakin kesulitan dalam menggapaitarget marketnya.

digital contentApa sebenarnyaContent Marketing?

MenurutContent Marketing Institute, ?Content Marketing is a marketing technique of creating and distributing valuable, relevant and consistent content to attract and acquired a clearly defined audience ? with the objective of driving profitable customer action?.

Tujuan konten marketing adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan konsisten, yaitu dengan fokusmenciptakan dan kurasi konten yang relevan dan berhargadengan tujuanmengubah atau meningkatkan perilaku konsumen. Hal ini merupakan proses yang berkelanjutan dengan sistem yang terintegrasi ke dalam strategi pemasaran secara keseluruhan.

Model pemasaran ini tidak lagi menjadikan konsumen sebagai objek jualan sebuah produk, tetapi sebagai subjek atau yang kita kenal dengan istilah ?customer centric?. Konsumen sudah mulai mengingnkan merek yang tidak menyuruh mereka membeli produknya, tetapi lebih mempertimbangkan apa manfaat yang diperoleh dari sebuah produk, konsumen merasa bahwa mereka harus terlibat lebih dalam atas pengambilan keputusan pembelian.

Selain itu, dengan konten yang tepat maka secara tidak langsung kita bisa membangun merek dan komunikasi dua arah dengan konsumen. Pemasaran konten telah menjadi jauh lebih menonjol, terutama dimana pemasaran digital dan onlinejuga sudah berkembang. Penambahansmartphonedalam masyarakat modern menjamin bahwa pemasaran konten akan menjadi lebih penting daripada semua media lainnya digabungkan.

Konten seperti apa yang bagus?

Sebenarnya dari kata kunci definicontent marketingsudah jelas bahwasanya konten harus memenuhi 3 unsur yaitubernilai, relevan, dan konsisten.Jadi, untuk membangunengagementbuatlah konten yang punya nilai dan manfaat bagi konsumen, relevan dengan target danneedskonsumen, dan harus dibuat secara konsisten.

Untuk membuat konten yang relevan kita harus mengetahui secara persis siapa target audiens kita, hal ini bisa dilakukan dengan melakukanmarket surveyataupun riset. kalau kita sudah mengetahui secara persisprofil audienskita barulah kita bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bila sudah mengetahuiprofilingyang disasar barulah kita bisa membuat kontennya, konten tidah harus dalam format teks, kita bisamembuatnya dalam format foto, video, games dan lain sebagainya. Lagi-lagi, format harus disesuaikan dengan target audiennya.

Selain itu, harus juga dipertimbangkan media yang digunakannya, konten yang bagus akan menjadi sia-sia jika tidak disebarkan dengan baik, karenanya memilih media yang tepat itu penting. Media apapun dapat digunakan, baik konvensional seperti surat kabar, majalah, ataupun digital seperti blog, social media,e-newsletteratau kanalyoutube. Media yang tepat adalah media yang biasanya dikonsumsi olehtarget audienskita.

Kesimpulan

Pada dasarnyacontent marketingadalah seni berkomunikasi dengan pelanggan dan prospek tanpa menjual. Ini adalah pemasarannon-intteruption(tanpa gangguan). Alih-alihpitchingproduk atau jasa, Anda memberikan informasi yang membuat pembeli Anda lebih cerdas dan dilibatkan. Inti dari strategi konten ini adalah keyakinan bahwa jika kita memberikan informasi yang bermanfaat/ berharga secara berkelanjutan untuk konsumen, maka akhirnya mereka membalas kita dengan pembelian dan loyalitas mereka.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close