People Innovation Excellence

Content Marketing: Attracting Customers through Valuable Content

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

Mungkin sudah menjadi hal yang biasa buat Anda untuk ditawari sesuatu oleh salespeople ketika sedang berbelanja atau berjalan-jalan di mall atau tempat publik lainnya. Dan saya percaya, kebanyakan dari kita dengan tidak ragu-ragu langsung menunjukkan penolakan terhadap tawran tersebut dengan berbagai cara, atau bahkan lewat begitu saja tanpa menghiraukan pereka. Belum lama ini, saya beberapa kali ditelepon oleh salespeople untuk menawarkan asuransi atau produk investasi dan semacamnya, ketika saya sedang beraktivitas. Saya sudah menolak untuk mendengarkan penjelasan lebih lanjut dengan alasan saya sedang sibuk (dan memang saya betul-betul sibuk saat itu), tapi si salesperson masih memaksa untuk meneruskan penjelasan.

Mengapa konsumen seringkali mengacuhkan promosi hard-selling yang ditawarkan oleh marketer? Karena seringkali apa yang mereka sampaikan tidak relevan dengan kebutuhan atau selera atau karakteristik konsumen. Mereka menyampaikan sesuatu yang sedang tidak ingin didengar atau dilihat oleh konsumen. Dengan kata lain, informasi yang diberikan tidak dirasakan ?valuable? oleh konsumen, sehingga konsumen cenderung tidak menggubris promosi tersebut.

content-marketing1-640x454Source: http://www.socialfresh.com/content-marketing-reasons/

Beberapa dekade yang lalu, marketer mungkin masih bisa menarik konsumen dengan cara hard selling, terus menggempur audiens dengan iklan-iklan bernada ?jualan? atau menjajakan salespeople mereka di mana-mana. Yang penting adalah memasang promosi sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Namun, seiring perkembangan informasi dan dinamika perilaku konsumen, cara ini sudah tidak menjadi primadona lagi. Konsumen semakin pintar dan tidak mudah terbujuk untuk membeli produk yang dipromosikan secara eksplisit, bahkan tidak jarang sama sekali tidak menggubris informasi yang diberikan tentang produk.

Apa yang harus dilakukan oleh marketer dalam menghadapi konsumen yang membutuhkan lebih dari sekedar ?jualan? produk? Salah satunya adalah dengan content marketing. Menurut Content Marketing Institute, ?Content marketing is a strategic marketing approach focused on creating and distributing valuable, relevant, and consistent content to attract and retain a clearly-defined audience ? and, ultimately, to drive profitable customer action.?

Sederhananya, content marketing merupakan jembatan bagi marketer untuk berkomunikasi dengan konsumennya melalui konten-konten (informasi, tutorial, berita, video, gambar, dsb) yang sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik konsumennya, sehingga pada akhirnya konsumen akan ?membalas pemberian? marketer tersebut dengan menjadi pelanggan dan memberikan profit bagi perusahaan.

Content marketing ini sudah banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan besar. Beberapa contoh content marketing bisa Anda lihat di link berikut: http://www.exacttarget.com/blog/the-30-most-genius-content-marketing-examples-of-2014-so-far/

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa content marketing merupakan salah satu cara untuk menjangkau pasar kita, bukan lagi dengan menawarkan sesuatu yang mereka tidak butuhkan saat itu dan ?memaksa? mereka membeli produk kita, melainkan bagaimana kita bisa memenuhi kehausan audiens terhadap konten-konten yang relevan untuk mereka dalam rangka merangkul mereka menjadi fans dari brand kita.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close