People Innovation Excellence

How Can A Tour-Travel Agent Be Special to Customers?

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

Memasuki liburanmusim panas bulan Juni-Juli ini yang ditambah juga dengan libur Lebaran, banyakorang yang memanfaatkannya dengan berlibur ke luar kota maupun luar negeri. Maka periode ini merupakan masa panen besar bagi tourtravel agent. Dari bulan Maret yang lalu hingga kini, bila kita berjalan-jalan di mall-mall, maka bukan pemandangan yang asing lagi bilastand-standbanyaktour-travel agentberderet di sepanjang lokasi pameran. Pameran juga secara besar-besaran diadakan di tempat lainnya selain mall, termasuk di Jakarta Convention Centre;

Melihat jejeranstandtour-travel agenttersebut, membuat kita bertanya-tanya, kira-kira apa yang membuat 1pemain berbeda dengan pemain lainnya. Karena bila kita datangi setiapstand, maka rata-rata paket liburang yang dijual hampir sama, baik dari segi rute maupun level hotel yang disuguhkan. Harga setiap paket pun tidak terlalu berbeda signifikan antara 1 dengan lainnya, hanya dibedakan menurutairlinesyang digunakan.

091832_ithf2013shafa1Source:http://travel.detik.com/read/2013/02/17/091308/2172107/1382/berburu-paket-liburan-di-hari-terakhir-pameran-ithf

Pertanyaannya, mengapa ada beberapaagentyang lebih ‘spesial’ dibandingagent-agentpada umumnya? Hal ini bisa kita lihat dari ukuranstandyang jauh lebih besar atau lebih mencolok, dan tentunya lebih ramai pengunjung. Terlebih lagi, beberapaagentini juga memilikibrand awarenessyang lebih tinggi di pasarnya. Mungkin Anda pernah mendengar nama Panorama, Golden Rama, atau Bayu Buana. Mereka merupakan beberapa pemain besar dalam pasartour-travel.

Kendati produk yang dijual hampir sama semua (ingat artikel saya mengenaiPoint of Parity and Point of Difference to Positioning), namun beberapa pemain bisa menempatkan dirinya lebih spesial dibanding yang lain. Khusus industri ini,service qualitysangatlah berperan penting. Kendati rute dan hotel yang ditawarkan hampir sama, namun pesertatourakan bisa merasakan perbedaan dari pemilihan restoran yang akan disajikan nantinya. Kemudian, ketika terjaditrouble, maka penanganannya juga akan berbeda.Agentyang ‘spesial’ akan mengatasi kendala yang ada dengan lebih profesional, karena mereka lebih reliabel.

Waktu itu saya sendiri mengalaminya, ketika sedang berlibur menggunakan jasa salah 1agentspesial tadi, yaitu banyak pesertatouryang komplain karena salah satu hotel tidak sesuai dengan yang dijanjikan, akhirnya malam itu juga kami semua pindah ke hotel bintang 4 sesuai yang dijanjikan. Maka,service recoveryjuga menjadi salah satu kunci bagitour-travel agentuntuk menjadi spesial. Selain itu, faktortour leaderjuga tidak kalah pentingnya,agentspesial biasa menugaskantour leaderdenganskilldanknowledgeyang baik untuk menemani para peserta berlibur. Lebih daripada itu,tour leaderjuga harus memilikisoft skillyang baik dan memperhatikan kebutuhan para pesertatour.

Maka, kunci untuk menjadi spesial dalam pasartour-travelbukan terletak pada harga paket liburan yang murah saja, namun PODs harus diciptakan melaluiservice qualityyangexcellent.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close