People Innovation Excellence

Maximizing Social Media Marketing to Engage More with Target Market (Part 2)

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

Melanjukan artikelMaximizing Social Media Marketing to Engage More with Target Market, kita bahas langkah selanjutnya dalam memaksimalkansocial media marketing.

Membuat akun atau fanpagepada beberapasocial mediabelum cukup. Kedua, kita harus secara konsisten meng-updatekonten di akun ataufanpagetersebut. Frekuensiupdatekonten disocial mediatentunya berbeda-beda antara 1social mediadengan yang lainnya, di Twitter misalnya diperlukan frekuensi yang lebih sering untukupdatedaripada diFacebook. Waktuupdatejuga harus diperhatikan. Sudah banyak survei yang dilakukan untuk mengidentifikasi waktu yang tepat untukpostingdi masing-masingsocial media, tentunya hal ini juga disesuaikan dengan aktivitas umum target pasar kita. Bila target pasar kita adalah pekerja kantoran, maka waktu yang efektif adalah pagi hari pada jeda orang sampai di kantor sampai mulai bekerja aktif, menjelang dan selama jam makan siang, kemudian jam pulang kantor ketika sedang macet di jalanan. Namun akan berbeda kasus bila target pasar kita adalah ibu rumah tangga atau pelajar.facebook-engagement-rate-from-michael-leander-300x288

Source:http://www.michaelleander.me/blog/facebook-engagement-rate-benchmark/

Berikutnya yang ketiga, Yang perlu diperhatikan dalam penciptaan konten yaitu apakah konten kita dianggap memilikivalueoleh audiens kita. Mem-postingpromosi produk ataueventyang berkaitan dengan produk kita sah-sah saja. Tapi jangan heran bila tidak lama lagi para fans akan meninggalkan kita, karena merasa valueyang mereka peroleh dari konten kita minim. Maka, konten kreatif perlu terus di-updatedi akun ataufanpagekita, dan tentunya pilih konten yang memenuhi kebutuhan target pasar kita, misalnya tutorialmake upbila target pasar Anda adalah remaja putri.

Keempat, bila kitasudah menciptakan konten yang kreatif dan bernilai bagi target pasar kita, tapi kita kemudian meninggalkannya begitu saja, maka tidak akan tercapai peningkatanengagementdengan mereka. Kita perlu dengan segera merespon setiap pertanyaan ataucommentyang masuk. Apalagi bila pertanyaan tersebut terkait langsung dengan produk, atau berupa keluhan terhadap produk. Kita harus segera merespon supaya tercipta ikatan yang kuat dengan mereka.

Terakhir, bila memungkinkan,re-postataure-tweetkonten yang ada difanpageAnda melalui akun pribadi Anda, untuk menjangkau calon fans yang ada dalamnetworkAnda.

Setelah semua itu dilakukan, maka tidak akan berarti bila kita tidak melakukan pengukuran terhadap keberhasilan aktivitassocial media marketing. Kita bisa memantau seberapa kuatengagementyang sudah kita berusaha ciptakan melalui performa dari masing-masingsocial mediayang kita gunakan, salah satunya dengan Google Analytics. Dengan secara konsisten meng-updatekonten yang kreatif dan bernilai bagi target pasar, serta mengukur hasilnya, maka pada ujungnya akan terciptaengagementyang kuat antarabranddengan target pasar.


Published at :
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close