People Innovation Excellence

Maximizing Social Media Marketing to Engage More with Target Market

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

sn03print

Source:http://imagesensemble.com/customer-engagement-social-media-marketing/

70.000.000 orang adalah angka pengguna aktifsocial mediaper Agustus 2014 (We Are Social). Angka tersebut merupakan 28% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Tentunya jumlah tersebut akan terus meningkat seiring pembangunan infrastruktur dan penyebaran informasi teknologi ke daerah-daerah rural. Masih menurut hasil survei dari We Are Social, rata-rata waktu yang dihabiskan penggunasocial mediaper harinya adalah 2 jam 54 menit.

Data tersebut merupakan peluang yang harus ditangkap dengan sigap oleh marketer. Pemanfaatansocial mediauntuk melakukan aktivitasmarketingmemang sudah beberapa waktu diimplementasikan oleh para pelaku industri. Selain biayanya yang sangat murah atau gratis dibandingkan dengan pemasangan promosi di media massa konvensional, social media marketingjuga memiliki kelebihan lain. Bila dalam media konvensionalmarketerhanya bisa menyampaikan pesan secara 1 arah (monolog), maka melaluisocial media marketing komunikasi 2 arah (dialog) bisa dilakukan dengan target pasar, yang pada ujungnya juga akan terbentuk komunitasbrand. Hal ini akan berdampak pada peningkatanengagementdengan target market, bukan hanya sekedarawarenessseperti yang ditawarkan oleh media konvensional.

Lalu, bagaimana cara untuk mengoptimalkan pemanfaatansocial mediamarketingdalam rangka meningkatkanengagementdengan target pasar? Pertama, yang perlu diingat adalah kita tidak harus masuk ke semuasocial media. Yang terutama adalah mengidentifikasisocial mediamana yang merupakan ‘tempat main’ target pasar kita. Secara umum,per Januari 2014 (We Are Social),social mediafavorit di Indonesia masihFacebook(93%), diikuti dengan Twitter (80%), Google+ (74%), Linkedin (39%), dan Instagram (32%).

(to be continued)


Published at :
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close