People Innovation Excellence

Point of Parity and Point of Difference to Positioning

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

Point of Parity(POPs) bisa dikatakan sebagai filter utama bagi 1 pemain untuk masuk ke industri tertentu. POPs merupakan atribut atau benefit utama yang wajib dimiliki oleh semua pemain dalam suatu industri, misalnya bila kita bicara mengenai salon, semua salonsudah sewajarnya menawarkan jasa perawatan rambut. Bila ada salon yang tidak menawarkan jasa perawatan rambut, maka tidak bisa ikut berkompetisi dalam industri salon.

Sedangkan,Point of DIfference(PODs) membuat setiap pemain dapat bertahan dalam persaingan dengan menonjolkan perbedaan atau keunikan dibanding dengan kompetitornya. Di tengah-tengah ‘keseragaman’ yang ditawarkan oleh pemasar-pemasar dalam suatu industri, PODs menjadikan produk atau jasa kita ‘bersinar’ dan menarik perhatian pasar.

Dalam contoh industri salon tersebut misalnya, salon Johnny Andrean misalnya memiliki keunikan yang tidak dimiliki salon lain, dengan menawarkan harga yang cenderung lebih murah dengan kualitas jasa yang tidak kalah dengan salon yang selevel. Di samping itu, Johnny Andrean mudah ditemukan hampir di setiap mall, baik mall kelas menengah ke bawah maupun kelas atas.

PODs ini selanjutnya akan menjadi dasar dalam menentukan targer pasar danpositioning bagi produk atau jasa tersebut. PODs yang diciptakan akan ditujukan kepada target pasar yang relevan denganvalueyang ditonjolkan. Selanjutnya, pemasar akan menentukanpositioningyang sesuai dengan karakter target pasarnya. Dengan positioningyang kuat yang berfondasi pada PODs tadi, maka pemasar akan dapat ‘unjuk gigi’ kepada target pasarnya, dengan mengkomunikasikan keunikannya yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya kendati mereka menawarkan benefit utama yang sama (POPs).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close