People Innovation Excellence

ZERO MOMENT OF TRUTH (ZMOT)

Oleh: Natalia, SE., MM (Faculty Member of International Marketing Program)

 

“Saya sedang berencana untuk membeli sebuah gadget baru, kemudian saya mencari semua informasi dari gadget yang saya ingin beli secara online.”

“Saya terbiasa mencari review dan rekomendasi brand produk secara online.”

Dahulu orang mengenal istilah FMOT (First Moment of Truth) dan SMOT (Second Moment of Truth). FMOT adalah momen di mana konsumen pertama kali bertemu dengan brand produk. Sedangkan SMOT adalah momen di mana produk telah dibawa pulang dan dikonsumsi oleh konsumen.

Beberapa dekade lalu, perusahaan mati-matian bertarung di FMOT, karena sebagian besar keputusan pembelian konsumen dilakukan pada momen tersebut, momen di mana konsumen bertemu langsung pertama kalinya dengan brand produk. Banyak perusahaan mengerahkan dana besar-besaran untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan informasi dan terbujuk untuk memilih brand mereka. Strategi seperti mempersiapkan SPG (Sales Promotion Girl) untuk standby di rak-rak supermarket atau hypermarket pun dilakukan dengan gencar dan semenarik mungkin.

Saat ini muncul istilah baru yaitu ZMOT (Zero moment of Truth). Istilah ini muncul sejak dimulainya era baru teknologi informasi, Web 2.0 dan social media. Pembeli menjadi semakin cerdas, teredukasi dan kritis dalam memilih sebuah brand. Momen di mana konsumen mencari informasi, review dan rekomendasi sebelum memilih brand yang disebut dengan ZMOT. Saat ini konsumen sudah dapat memutuskan untuk memilih sebuah brand jauh sebelum konsumen bertemu langsung dengan brand tersebut.

zmot

SMOT biasanya meninggalkan review yang kemudian menjadi ZMOT untuk orang lain. Oleh karena itu, perusahaan harus fokus kepada pertemuan pertama konsumen dengan brand secara online dan memastikan bahwa setiap komplain konsumen secara online dapat ditanggapi dan ditangani dengan baik dan cepat agar memastikan bahwa ZMOT sebuah brand dapat berjalan dengan baik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close