People Innovation Excellence

Sekilas tentang SKALA LIKERT

Oleh Haryadi Sarjono, S.T., M.M., M.E.

Penelitian di bidang manajemen bisnis umumnya menggunakan variabel-variabel yang tidak dapat di ukur secara langsung atau sering disebut dengan variabel laten atau konstruk (Aprilia dan Ghozali, 2013). Pada awalnya variabel laten di ukur dengan skala interval yaitu skala Guttman dan skala Thurstone yang harus melibatkan seorang judge atau ahli/pakar untuk memberikan skor penelitian. Penggunaan skala Guttman dan skala Thurstone memakan waktu yang lama dan biaya yang mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Likert, Rensis; (1932) memperkenalkan skala yang menjumlahkan atau summated scales. Responden diminta untuk menjawab persetujuan terhadap objek psikologis (konstruk) dengan 5 pilihan jawaban, yaitu (1) Sangat tidak setuju, (2) Tidak setuju, (3) Netral, (4) Setuju, (5) Sangat setuju.

untitled

Skala Likert ternyata hasilnya sama dengan skala Guttman dan skala Thurstone. Skor yang dihasilkan oleh Likert ternyata berkorelasi sebesar 92% jika dibandingkan dengan seandainya pertanyaan nya di ukur dengan skala Guttman dan skala Thurstone (Edward and Kenney, 1946, dalam Aprilia dan Ghozali, 2013) dan sejak saat itu skala Likert menjadi terkenal dan sering digunakan, menggantikan skala Guttman dan skala Thurstone dalam mengukur konstruk. Seperti namanya skala yang dijumlahkan (summated scales), maka nilai skor suatu konstruk adalah penjumlahan dari masing-masing skor item pertanyaan yang membentuk konstruk tersebut.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close