People Innovation Excellence

Tren Layanan Transportasi Berbasis Aplikasi di Jakarta

Oleh: Indry A. Pradpita, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Di era modern sekarang ini, masyarakat semakin menginginkan segala sesuatu yang cepat, praktis, instan, dan nyaman menurut pandangan mereka. Seperti yang kita ketahui, sekarang sudah banyak bermunculan segala seuatu yang praktis dan instan. Contohnya adalah ketika kita lapar, dengan mudah kita dapat temui produk seperti mie, bubur, atau bahkan pizza instant yang dapat diperoleh di dalam vending machine. Begitu juga dalam bidang transportasi, masyarakat pun sudah mulai kenal dengan moda transportasi yang praktis dan nyaman.

Dalam beberapa bulan ini banyak sekali berita dan ulasan mengenai moda transportasi berbasis aplikasi yang imbasnya sangat besar dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Jakarta. Isu moda transportasi merupakan isu krusial yang sangat penting mengingat kota Jakarta tidak luput dari kemacetan sepanjang harinya. Sebagian besar masyarakat yang bekerja di daerah Jakarta dan sekitarnya lebih memilih menggunakan transportasi seperti kereta api atau motor untuk berangkat ke kantor karena terbukti memang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi.

Salah satu contoh dari moda transportasi berbasis aplikasi yang sedang digemari sekarang ini adalah GrabTaxi dan GrabBike yang merupakan sebuah aplikasi yang menjadikan para pengemudi taksi dan ojek sebagai mitranya. Begitu pula dengan Go-jek yang menjadikan para tukang ojek sebagai mitranya. Para pengemudi taksi dan ojek ini dibekali dengan ponsel pintar dan menerima orderan lewat aplikasi di ponsel pintar tersebut. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran berbagai aplikasi moda transportasi semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah orang yang mengunduh aplikasi tersebut. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan, kenyamanan, hingga tarif yang lebih murah.

Vehicle for hire regulations_2

Source: http://www.star-telegram.com/news/local/community/fort-worth/article8416923.html 

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai Go-jek. Perlahan namun pasti masyarakat mulai beralih dari penggunaan ojek konvensional ke Go-jek. Sebenarnya kemasan dari Go-Jek ini sendiri sangat tepat untuk dimulai pada era generasi millennial ini, di mana generasi millennial terbiasa untuk mencoba sesuatu yang baru, serta selalu mencari kemudahan dan kenyamanan. Adapun peran dari word of mouth dan social media juga berperan penting dalam proses pengenalan Go-jek ke masyarakat luas.

Jadi dalam penggunaannya, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Go-jek yang kemudian dapat langsung memilih layanan apa yang kita inginkan, apakah itu untuk pelayanan kurir, Go-food (layanan pesan antar makanan), transportasi, ataupun shopping (pembelian barang). Setelah memilih, maka kita diharuskan untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, kita hanya perlu menunggu dengan santai di tempat. Konsumen tidak perlu lagi ke pangkalan untuk memesan ojek, cukup dengan memesannya melalui ponsel pintar. Layanan transportasi ini juga seringkali menawarkan tarif yang lebih murah dengan menawarkan diskon dalam bentuk credit point ataupun tarif flat selama periode tertentu. Kelebihan lainnya adalah kita dapat mengetahui profil lengkap dari si pengemudi dan dapat menelusuri sudah sampai dimana pengemudi yang mengambil pesanan kita. Jadi dari sisi customer value, Go-jek menawarkan sesuatu yang lebih penting dibandingkan ojek konvensional, yaitu keamanan dan kenyamanan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close