People Innovation Excellence

Mobius Strip (You Get What You Give, You Can Run BUT You Can’t Hide) – Part 2

Oleh: Son Wandrial (Faculty Member of International Marketing)

Untitled2

Setelah membaca artikel saya sebelumnya, Mobius Strip (You Get What You Give, You Can Run BUT You Can’t Hide), kalau sudah paham konsep pita Mobius ini, maka bagaimana aplikasinya dalam manajemen perusahaan?  Jawaban saya ya sama saja dengan kasus kehidupan sosial diatas, ini bisa diterapkan dan terjadi di semua situasi, inilah yang disebut dengan fractal.

Saya ambil contoh, bila kita ingin mempromosikan produk, maka jangan pernah sekalipun menjelek-jelekan atau menjatuhkan produk dari pesaing-pesaing Anda terutama di hadapan konsumen, please never do that.  Kalau Anda lakukan ini sama saja dengan ‘mengundang’ keburukan dan kejelekan untuk datang dalam kehidupan Anda.  Ini semacam ‘doa’ yang tidak kita sadari.

Contoh lain, sebuah tim sales biasanya suka berkumpul untuk rapat membicarakan perkembangan penjualan produk.  Kadang juga suka dibarengi dengan doa bersama sebelum memulai aktivitas. Bila kita ingin penjualan/sales mengalami peningkatan omset maka sebaiknya kita doakan juga supaya omset dari pesaing-pesaing Anda akan mengalami peningkatan.  Berdoanya pun juga dengan keikhlasan.  Buktikan ini yaa.

Anda berikan (give) suatu yang positif maka Anda akan mendapatkan (get) yang positif juga. Dalam fisika kuantum, terdapat yang namanya Samudra Kemungkinan (probabilities), apa saja mungkin dan kemungkinan itu akan menjadi kenyataan kalau ada perhatian (attention) yang diberikan, ini yang disebut dengan collapse wave function. Tentang Fractal dan Collapse wave function akan saya ulas pada artikel saya berikutnya.

Nama Mobius diambil dari nama seorang pakar matematika asal Jerman yang menemukan pita ini, August Ferdinand Mobius dan Johann Benedict Listing pada tahun 1858.  Bagi saya dengan ditemukannya pita Mobius, bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk  dari “scientific explanation” untuk menjelaskan hukum Tabur Tuai atau yang biasa disebut juga dengan Karma.

Dengan kata lain, karma bukanlah suatu yang mistik atau klenik, ini 100 % ilmiah. Bahkan ini sudah ditulis dalam kitab suci ribuan tahun lalu: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri.” (Terjemahan Al Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 7)

Sebagai tambahan buat pembaca, salah satu sahabat saya yang juga master trainer self empowerment pernah mengatakan, kalau ada orang menzolimi kita, biarkan saja gak usah dibalas karena toh nantinya akan ‘kembali lagi’ ke diri orang yang melakukan kezoliman tersebut bahkan bisa lebih mengerikan dampaknya dan berkali-kali datangnya dengan bentuk yang tidak harus sama, ini 1000% terbukti.

Terakhir, silahkan Anda pilih mau bikin ‘garis’ pita Mobius seperti apa yang Anda inginkan entah itu dalam kehidupan sosial atau pekerjaan atau lainnya, mau pakai ‘tinta merah’, ‘hitam’, ‘biru’ atau ‘hijau’.  Yang pasti semuanya akan kembali lagi kepada diri kita sendiri.

You Get What You Give. You Can Run BUT You Can’t Hide.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close