People Innovation Excellence

Love Languages for Customer

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

Gary Chapman melalui bukunya, The Five Love Languages (1995, 2015), menjelaskan bahwa ketika ingin mengekspresikan kasih sayang kita terhadap pasangan, keluarga, teman, dan orang-orang sekitar, kita tidak bisa menggunakan 1 metode tertentu yang seragam untuk semua orang. Karena pada dasarnya, setiap individu memiliki kebutuhan akan kasih sayang yang berbeda-beda. Chapman mengemukakan 5 jenis bahasa kasih yang bisa membuat seseorang merasa dia dikasihi. Kelima bahasa kasih itu adalah:

1. Receiving gifts: menerima hadiah atau kejutan, hal ini menunjukkan perhatian dan pengorbanan yang dikeluarkan untuk si pemberi.

2. Quality time: menghabiskan waktu berkualitas bersama, hal ini menunjukkan si pemberi menjadikan si penerima sebagai prioritas sehingga merasa spesial.

3. Acts of service: menerima bantuan atau pelayanan praktis, terutama ketika si penerima sedang merasa tidak bisa meng-handle sendiri pekerjaan tersebut.

4. Physical touch: merasakan bahwa ia dikasihi melalui sentuhan fisik (non-seksual), seperti pelukan atau tepukan pundak.

5. Words of Affirmation: mendengar kata-kata pujian atau kata-kata pemberi semangat, dan bahkan kata-kata yang menyatakan bahwa ia dikasihi.

LR-5-Thumbnail

Tidak ada orang yang hanya memiliki 1 bahasa kasih tertentu, namun setiap orang memiliki bahasa kasih yang paling dominan. Cara untuk membuat orang ini merasa dikasihi adalah dengan memenuhi kebutuhannya itu. Inilah mengapa seringkali terjadi bahwa kita merasa sudah menunjukkan kasih kita kepada seseorang, namun si penerima merasa tidak ada yang memperhatikan dia. Penyebabnya adalah karena kasih tersebut diberikan kepada orang yang tepat, tapi caranya kurang tepat.

Bila kita ingat, orientasi utama dari konsep marketing adalah customer delight, bagaimana membuat mereka merasa diperhatikan, dihargai, dan dipuaskan keiginan atau kebutuhannya. Inilah yang akan membuat mereka tetap bisa menjaga komitmennya untuk tetap ‘berelasi’ dengan pemasar.

Untuk itu, pemasar juga perlu memberikan ‘bahasa kasih’ yang tepat bagi customer. Misalnya, bahasa kasih melalui pemberian potongan harga atau gift mungkin saja bukan merupakan kebutuhan utama dari beberapa customer tertentu. Mereka mungkin lebih senang bila diperlakukan sebagai customer prioritas yang berbeda dengan customer lainnya. Namun, justru potongan harga atau gift adalah bahasa kasih paling efektif bagi kelompok customer yang lain. Ada pula tipe customer yang akan merasa sangat spesial bila dikirimkan email ucapan ulang tahun, ketika tipe lainnya justru akan merasa sedikit risih’ dengan hal tersebut.

Fakta ini membuat segmentasi menjadi hal yang sangat krusial, terutama segmentasi psikologis dan perilaku. Lebih jauh lagi, pemasar perlu mengenal berbagai karakteristik masing-masing kelompok customer-nya. Setelah itu, barulah pemasar bisa menentukan bahasa kasih apa yang paling relevan untuk mereka supaya tepat sasaran dan tepat guna.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close