People Innovation Excellence

“Beli, karena produknya yang di-display di Profile Picture BBM-nya, lucu banget”

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Welcome to the digital marketing era! Era di mana strategi memasarkan produk tidak lagi menggunakan cara-cara tradisional seperti menyebar brosur, menggunakan televisi atau radio, tetapi pemasar bisa memilih menggunakan cara yang lebih efektif dan efisien seperti misalnya menggunakan mobile application, seperti BBM (Blackberry Messenger).

Saat ini bisa dibilang juga sebagai era-nya smartphone, di mana pengguna smartphone sudah sangat banyak sekali jumlahnya, dan mereka menggunakannya untuk berbagai macam tujuan, salah satunya adalah: jual–beli. Saat ini banyak sekali kegiatan jual–beli yang dilakukan secara digital dengan menggunakan media smartphone, salah satu device yang digunakan oleh banyak orang adalah Blackberry. Bagi pengguna Blackberry, pasti tidak asing lagi dengan Blackberry Messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBM.

BBM adalah salah satu feature pada Blackberry yang memungkinkan sesama penggunanya untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Ada satu feature pada Blackberry Messenger, yang ternyata sangat berguna bagi pelaku bisnis online, yaitu: Profile Picture yang bisa diganti-ganti sesuka hati.

Ternyata pada kenyataannya memang banyak pelaku bisnis online yang menggunakan feature Profile Picture pada BBM untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Umumnya, Profile Picture BBM digunakan sebagai display untuk memajang produk-produk yang dijual secara virtual, di mana mereka bisa mengganti Profile Picture BBM dengan foto produk terbaru mereka.

Tidak jarang penjual online mengeluarkan usaha lebih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dan meyakinkan, alasan mereka adalah: karena pembeli seringkali tertarik untuk membeli karena foto-foto pada Profile Picture BBM tersebut.

Sebuah survei awal dilakukan untuk membuktikan hal ini, dan hasilnya adalah sebagai berikut:

bbm

Dari hasil survei awal diatas diketahui bahwa, lebih dari setengah responden mengatakan TERPENGARUH dengan penggantian display pada Profile Picture BBM. Survei awal ini kemudian dibuktikan kembali dengan penelitian selanjutnya, dan hasilnya tetap sama, sebagian besar responden terpengaruh dengan Profile Picture BBM, apalagi jika penjual online melakukan penggantian display pada waktu-waktu tertentu, yang menurut para responden semakin menambah minta mereka untuk membeli.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close