People Innovation Excellence

Analisa Fundamental Investasi Saham (Serial P/E & P/BV)

Oleh : Adi Teguh Suprapto, SE., MM

Setelah sebelumnya kita bahas Analisa Fundamental profitabilitas EBITDA, selanjutnya pada tulisan kali ini kita akan bahas Rasio P/E atau Stock Price / EPS atau Earning Per Shares.

Mungkin kita pernah dengar, dalam membahas nilai suatu saham, kadang ada per tanyaan, “Berapa P/E nya?”. P/E ratio adalah perbandingan antara harga saham dengan EPS atau laba per saham nya.

P/E merupakan salah satu tolok ukur investor dalam menentukan investasi. Rasio P/E dapat memberikan gambaran secara singkat, valuasi atau penilaian murah atau tidaknya suatu saham.

Namun begitu, rasio P/E juga memiliki kelemahan. Hal tersebut dikarenakan faktor pembaginya adalah EPS, dimana bila terjadi penjualan aset misalnya, maka hasilnya akan meningkatkan EPS.

Padahal peningkatan tersebut bukanlah hasil kinerja bisnis inti perusahaan di periode tersebut. Sehingga hal ini akan menjadikan informasi rasio P/E yang bias.

Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar juga dapat mengakibatkan perusahaan mencatatkan keuntungan ataupun kerugian kurs. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil akhir EPS. Dimana hal ini juga bukan merupakan kinerja bisnis inti perusahaan. Sehingga informasi P/E kembali menjadi bias.

Maka diperlukan analisa informasi lebih detil dan mendalam untuk berinvestasi saham, tidak hanya didasarkan pada rasio P/E saja.

UntitledSumber : finance.yahoo.com

Rasio lain yang juga sering jadi pertimbangan dalam investasi saham adalah P/BV atau Price to Book Value. Rasio P/BV adalah perbandingan antara harga saham dengan book value atau ekuitas per lembar saham.

Bila nilai P/BV sebesar 1 artinya saham dijual pada book value nya. Semakin kecil nilai P/BV maka suatu saham dianggap murah.

Tulisan kali ini akan membahas contoh analisa fundamental lainnya yang didasarkan pada rasio P/E dan rasio P/BV dari data-datalaporan keuangan perusahaan.

Analisa Fundamental P/E dan P/BVSahamAstra Graphia

Meskipun berkinerja cukup baik, saham perusahaan ini agak jarang dilirik (dibandingkan saham induk perusahaan yaitu ASII) karena kebanyakan orang berfikir Astra hanyalah pemimpin pasar otomotif.

PT Astra Graphia, Tbk, adalah merupakan salah satu anak usaha dari Grup Astra yang bergerak dibidang dokumen, informasi dan komunikasi.

Pada tahun 2014 lalu, Astra Graphia melakukan aksi korporasi berupa divestasi saham anak usaha PT AGIT Monitise Indonesia (AMI) yang bergerak dibidang penyediaan platform pendukung layanan mobile banking dan semacamnya.

Manajemen Astra Graphia kini berkomitmen untuk fokus pada bisnis utama agar dapat semakin mendorong pertumbuhan perusahaan.

Untitled

Rasio harga saham terhadap laba (P/E) Astra Graphia sebesar 10,21 kali dan rasio harga saham terhadap nilai buku (P/BV) Astra Graphia sebesar 2,94 kali terbilang cukup tinggi. Walaupun begitu pasar masih apresiatifterhadap saham Astra Graphia yang berkapitalisasi Rp 2,66 triliun ini.

Terlihat sejak Januari hingga Mei 2015 saham Astra Graphia naik signifikan 23%, sebelum akhirnya ikut turun hingga 12% di bulan Juni 2015 bersama IHSG dan saham-saham di bursa regional Asia dan bursa Global akibat sentimen negatif krisis hutang Yunani yang dikhawatirkan investor akan berdampak besar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close