People Innovation Excellence

Penggunaan Media Sosial Sebagai Salah Satu Cara dalam Proses Melakukan Pembelian (Part 1)

Oleh: Indry Aristianto Pradipta, SE, MM

 

Semakin berkembangnya teknologi informasi secara global berdampak juga pada masyarakat Indonesia. Sekarang ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang fasih menggunakan internet. Hampir di seluruh tempat umum seperti restoran, rumah sakit, sekolah, mal, dan lainnya disediakan  akses internet dalam bentuk Wifi. Penggunanya tak hanya kalangan tertentu saja melainkan hampir menjangkau seluruh kalangan baik itu anak-anak, dewasa, wanita, pria, ibu rumah tangga, pekerja, mahasiswa, dan sebagainya. Salah satu penggunaan internet yang paling sering digunakan adalah untuk mengakses media sosial. Media sosial adalah  sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,  forum dan dunia virtual. Blog dan jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Artikel kali ini akan membahas penggunaan media sosial sebagai salah satu cara dalam proses purchase decision bagi calon pembeli.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa media sosial khususnya Facebook, Path, Twitter, dan Instagram sudah lumrah digunakan di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini membuka peluang yang besar bagi industri untuk berjualan secara online. Mengikuti dari artikel sebelumnya bahwa dari hasil studi yang dilakukan The Nielsen Company Indonesia (Kasali, 2010), bahwa sebanyak 68% dari total responden yang disurvei mengaku pernah berbelanja online. Dan yang sedang marak belakangan ini adalah industri makanan rumahan (homemade) dimana mereka menjual berbagai macam aneka makanan hanya melalui media sosial atau secara online.

Jika hal ini dilakukan 15 tahun yang lalu pasti tidak banyak orang yang akan membeli. Tetapi sekarang justru banyak sekali orang yang membeli makanan hanya dengan memesan secara online dimana mereka bahkan belum pernah mencoba rasa makanan tersebut sebelumnya. Mereka hanya melihat dari tampilan di foto yang ditampilkan di media sosial, atau berdasarkan testimoni yang diunggah oleh si pemilik online shop. Apakah kalian mengetahui belakangan muncul tren kue cantik dari buttercream yang berbentuk serangkaian bunga? Ya betul, itu merupakan kue tart biasa dengan modifikasi rasa sedemikian rupa dan ditambahkan hiasan berupa buttercream yang dibentuk menyerupai serangkaian bunga-bunga agar terlihat cantik. Dan memang saya akui kue tersebut sangat cantik dan menyerupai bunga aslinya, sampai si pembeli akan merasa sayang untuk memotong kue tersebut apalagi memakannya. Tetapi mari coba sedikit flashback, dimana ketika calon pembeli masih dengan kebiasaan membeli kue untuk perayaan ulang tahun, anniversary, dan lainnya di toko offline. Ketika membeli di suatu toko, harga kue ulang tahun standar di kisaran maksimal Rp. 500.000,- saja sudah termasuk mahal dan harus enak rasanya di dalam benak si pembeli. Dan yang mengagetkannya sekarang ini adalah, kue cantik berbentuk bunga tersebut dipatok diatas Rp. 500.000,- untuk ukuran paling kecil dan hanya dijual secara online dimana merek produk tersebut tentunya masih di bawah ketenaran dengan merek produk kue yang dijual secara offline. Seperti contoh di Instagram, tidak jarang banyak orang yang rela mengantri untuk memesan kue bunga tersebut dari 2 bulan sebelumnya, dengan harga yang sangat jauh lebih mahal daripada kue dari bakery biasa (toko offline), dan bahkan mereka belum tahu rasa kue tersebut seperti apa. Hanya berdasarkan ketertarikan mereka terhadap kecantikan foto-foto kue yang diunggah si pemilik online shop ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close