People Innovation Excellence

Penggunaan Media Sosial Sebagai Salah Satu Cara dalam Proses Melakukan Pembelian (Part 2)

Oleh: Indry Aristianto Pradipta, SE, MM

Sungguh suatu hal yang luar biasa ketika calon pembeli rela mengambil resiko yang lebih besar (cost, waktu) bukan untuk tujuan dasar yaitu membeli suatu makanan yang enak tetapi membeli makanan yang ‘cantik’, kenikmatan rasa dari makanan tersebut itu menjadi poin nomor sekian. Menurut Kotler, ada lima tahap dalam proses pembelian, yaitu:

  1. Pengenalan masalah

Proses pembelian dimulai saat pembeli mengenali sebuah masalah atau kebutuhan. Kebutuhan tersebut dapat dicetuskan oleh rangsangan internal atau eksternal.

  1. Pencarian informasi

Konsumen yang tergugah kebutuhannya, akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih banyak. Tantangan bagi marketer adalah mengenali sumber informasi yang paling berpengaruh.

  1. Evaluasi alternatif

Mengevaluasi berbagai alternatif yang ada dalam konteks kepercayaan utama tentang konsekuensi yang relevan dan mengkombinasikan pengetahuan tersebut untuk membuat keputusan.

  1. Keputusan pembelian

Calon pembeli menentukan apa dan dimana produk pilihan mereka akan dibeli. Marketer harus menyediakan jalan paling mudah bagi calon pembeli untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Misalnya, produk sudah disalurkan hingga ke pengecer-pengecer kecil sekalipun sehingga dapat menjangkau para calon pelanggan.

  1. Perilaku pasca pembelian

Dalam perilaku pasca pembelian, hanya ada tiga kemungkinan, yaitu:

– Performa produk/jasa sama dengan ekspektasi

– Performa produk/jasa lebih rendah dari ekspektasi

– Performa produk/jasa lebih tinggi dari ekspektasi

Dari lima tahap ini dan dari contoh fenomena yang ada, peran media sosial berada di tahap kedua dan ketiga. Calon pembeli akan mencari informasi sebanyak-banyaknya dari kebutuhan mereka. Disinilah peran media sosial sangat berperan. Online shop yang memiliki banyak followers  dan aktif mengunggah produk mereka, serta memiliki testimoni dari para pembeli sebelumnya akan menempati peringkat atas dan menjadi pertimbangan bagi si calon pembeli. Walaupun calon pembeli tersebut sama sekali tidak memiliki hubungan dan belum merasakan satu produk dari online shop tersebut sebelumnya. Dan akhirnya pada tahap proses pembelian yang ketiga, calon pembeli akan mengevaluasi berbagai alternatif yang ada. Kemudian melakukan proses pembelian dan mengevaluasinya. Jadi apakah kalian juga termasuk sebagai calon pembeli yang menggunakan media sosial dalam mendukung proses pencarian informasi untuk melakukan suatu pembelian? Itu semua tergantung pada pribadi orang masing-masing.

Sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close