People Innovation Excellence

The Five Generic Competitive Strategies [Bagian 1 dari 6]

Competitive strategy is about being different. It means deliberately choosing to perform different activities than rivals to delivers a unique mix of value. –Michael E. Porter

The essence of strategy lies in creating tomorrow’s competitive advantage faster than competitors mimic the ones you possess today. –Gary Hamel and C.K. Prahalad

Setiap perusahaan dapat menerapkan beberapa dasar pendekatan untuk berhasil didalam kompetisi yang terjadi dan meraih daya saing terhadap pesaing mereka, tetapi mereka akan memberikan suatu nilai yang lebih kepada pelanggan mereka dibandingkan dengan pesaing atau memberikan nilai yang lebih efisien dibandingkan pesaing serta bisa juga kedua pilihan tersebut. Memberikan nilai yang lebih bagi pelanggan dapat diterapkan dalam bentuk produk yang baik dengan harga yang rendah/terjangkau, produk yang lebih baik akan membayar lebih, atau penawaran nilai yang lebih baik yang dapat menghadirkan kombinasi yang menarik dari harga, fitur, layanan dan atribut lainnya yang dapat menarik perhatian pelanggan. Sedangkan sesuatu yang lebih efisien dapat diartikan memberikan suatu tingkatan nilai ke pelanggan di tingkatan biaya rendah yang menjadi beban perusahaan. Tetapi, pendekatan apapun yang akan diterapkan oleh perusahaan tentu akan membutuhkan kinerja dari aktivitas value chain yang berbeda dengan pesaing dan membangun sumber daya bernilai yang kompetitif serta capability dari pesaing yang tidak bisa menyamai ataupun mengejar. Sekali lagi, dengan demikian pendekatan apapun yang akan diambil oleh perusahaan maka diperlukan dua hal valuable resources dan capability. Dimana kedua hal tersebut akan diterapkan dengan metode Five Generic Competitive Strategy Options.

Pada kesempatan ini, maka akan dibahas mengenai Five Generic Competitive Strategy Options. Dimana kelima strategi ini akan membangun sebuah pilihan yang tepat bagi perusahaan didalam menerapkan strategi dan memulai untuk menuju kepada daya saing dengan pesaing.

Penawaran strategi bersaing sebuah perusahaan secara eksklusif dengan spesifikasi rencana permainan dari manajemen untuk bersaing dengan sukses dengan melalu upaya khusus untuk menyenangkan pelanggan , memperkuat posisi pasar , melawan manuver saingan , menanggapi kondisi pasar pergeseran, dan mencapai jenis tertentu keunggulan kompetitif .

Yang terbesar dan paling penting didalam perbedaan di antara strategi kompetitif tersebut, dengan melihat:

  1. Apakah target pasar perusahaan adalah luas atau sempit
  2. Apakah perusahaan sedang mengejar keunggulan kompetitif terkait dengan biaya rendah atau diferensiasi produk

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close