People Innovation Excellence

The Five Generic Competitive Strategies [Bagian 3 dari 6]

Low-cost provider strategy

Menjadi industry yang memimpin di low-cost ini akan menjadi pendekatan yang sangat powerful dipasar yang mana pembeli memiliki behavior price-sensitive. Sebuah perusahaan dapat mencapai low-cost leadership ketika perusahaan menjadi lowest-cost provider dibanding hanya menjadi bagian dari low-cost leadership tersebut. Low-cost provider dapat menjadi berhasil didalam menekan biaya rendah dibanding pesaing, tapi tidak mengindahkan seberapa rendah kemungkinan biayanya. Untuk dapat melawan dengan keunggulan disisi biaya terhadap pesaing, perusahaan harus memperhatikan fitur dan layanan yang menjadi pertimbangan pembeli. Suatu produk yang ditawarkan terlalu bebas dan tidak terkait dengan keinginan konsumen, maka dapat dilihat oleh konsumen sebagai suatu penawaran yang tidak benilai. Untuk efektivitas maksimum , perusahaan menerapkan low-cost provider strategy dengan cara yang sulit untuk saingan untuk menyalin atau melawan.

Secara umum, perusahaan memiliki dua pilihan didalam menerapkan low-cost ini terhadap pesaing untuk dapat meningkatkan kinerja profit yang atraktif. Pilihan 1, mengunakan lower-cost dengan memberikan harga dibawah harga pesaing dan menarik pembeli yang price sensitive dalam jumlah yang banyak, sehingga meningkatakan profit secara total. Pilihan 2, memelihara harga kekinian, selalu hadir di market dan mengunakan lower-cost untuk menghasilkan margin profit yang lebih tinggi, dan dengan begitu meningkatakan total profit akan mengakibatkan keseluruhan Return On Investment.

 

Two Major Avenues for Achieving a Cost Advantage

Untuk mencapai keunggulan low-cost terhadap pesaing, maka biaya kumulatif perusahaan di seluruh rantai nilai secara keseluruhan lebih rendah daripada biaya kumulatif pesaing . Ada dua cara untuk mencapai hal ini :

  1. Melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada pesaing dalam melakukan aktivitas rantai nilai biaya yang lebih efektif. Manajemen Biaya-Efisien Rantai Nilai Kegiatan: Manajer harus melakukan implemetasi upaya berkelanjutan bersama untuk menemukan peluang penghematan biaya di setiap bagian dari rantai nilai. Dimana didalam melakukan Cost-Efficient dari aktivitas Value Chain dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

 

  • Menangkap ketersediaan Economics of Scale.
  • Mengambil keuntungan penuh dari efek kurva belajar / pengalaman.
  • Fasilitas beroperasi pada kapasitas penuh.
  • Meningkatkan efisiensi rantai suplai.
  • Mengganti input biaya yang lebih rendah di mana pun hal tersebut tidak akan memerlukan terlalu besar pengorbanan dalam kualitas.
  • Menggunakan daya tawar perusahaan vis-a-vis pemasok untuk mendapatkan konsesi.
  • Menggunakan sistem secara online dan perangkat lunak yang canggih untuk mencapai efisiensi operasi.
  • Meningkatkan proses desain dan menggunakan teknologi produksi yang maju

 

  1. Merubah rantai nilai keseluruhan perusahaan untuk menghilangkan atau memotong beberapa kegiatan biaya produksi. Biaya dramatis keuntungan dapat muncul dari menemukan cara inovatif untuk menghilangkan atau memotong kegiatan rantai nilai biaya produksi. Cara utama perusahaan dalam mencapai keunggulan biaya dengan konfigurasi ulang rantai nilai mereka termasuk :
  • Menjual langsung kepada konsumen dan melewati kegiatan dan biaya distributor dan dealer.
  • Merampingkan operasi dengan menghilangkan rendah langkah kerja nilai tambah atau tidak perlu dan kegiatan.
  • Mengurangi bahan penanganan dan biaya pengiriman dengan memiliki pemasok yang memiliki pabrik atau gudang dekat dengan fasilitas perusahaan sendiri

The Keys to Success in Achieving Low-Cost Leadership

  • Ketika low-cost providers menjadi juara di dalam berhemat, mereka jarang ragu untuk menghabiskan secara agresif pada sumber daya dan kemampuan yang menjanjikan untuk mendorong biaya yang dikeluarkan pada bisnis tersebut.
  • Memiliki aset yang kompetitif dari jenis ini dan memastikan bahwa mereka tetap memiliki keunggulan kompetitif itu sangat penting, dimana untuk mencapai keunggulan kompetitif sebagai low-cost.

When a Low-Cost Provider Strategy Works Best

  • Harga kompetisi di antara penjual saingan terutama kuat
  • Produk penjual saingan dasarnya identik dan pemasok yang tersedia dari beberapa penjual
  • Sulit untuk mencapai diferensiasi produk dengan nilai yang diinginkan untuk pembeli
  • Kebanyakan pembeli menggunakan produk dengan cara yang sama
  • Pembeli mengeluarkan biaya rendah beralih pembelian mereka dari satu penjual yang lain.

 

The Pitfalls of a Low-Cost Provider Strategy

  • Mungkin perangkap terbesar dari strategi low-cost provider semakin terbawa dengan terlalu agresif pemotongan harga dan berakhir dengan lebih rendah , daripada yang lebih tinggi , profitabilitas .
  • Sebuah perangkap besar kedua mengandalkan pendekatan untuk mengurangi biaya yang dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing .
  • Sebuah perangkap ketiga menjadi terlalu terpaku pada pengurangan biaya.
  • Bahkan jika kesalahan ini dihindari , strategi low-cost masih memerlukan resiko

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close