People Innovation Excellence

ANALISIS KONJOIN

Analisis konjoin adalah suatu teknik analisis yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan persepsi pelanggan yang dibawa oleh suatu produk tertentu dan nilai kegunaan yang muncul dari atributatribut produk terkait. Untuk menentukan strategi pemasaran, analisis conjoint ini tepat dan baik. Bahkan pada tataran yang lebih tinggi bisa dipakai untuk segmentasi pasar berdasarkan preferensi konsumen terhadap atribut produk yang dipilihnya. Filosofi dari teknik analisis ini ialah setiap stimulus apa saja yang bisa berupa produk, merek atau barang yang dijual dipasar akan dievaluasi oleh konsumen sebagai suatu kumpulan atribut-atribut tertentu. Oleh karena itu, Teknik ini sangat bermanfaat dalam pemasaran untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk yang diluncurkan di pasar. Dalam pemasaran teknik analisis conjoint biasanya digunakan untuk hal-hal sebagai berikut :

  1. Menentukan tingkat kepentingan relatif atribut-atribut pada proses pemilihan yang dilakukan oleh konsumen.
  2. Membuat estimasi pangsa pasar suatu produk tertentu yang berbeda tingkat atributnya.
  3. Untuk menentukan komposisi produk yang paling disukai oleh konsumen.
  4. Untuk membuat segmentasi pasar yang didasarkan pada kemiripan preferensi terhadap tingkat-tingkat atribut.

 

Manfaat yang dapat diambil dari penggunaan analisis konjoin ini adalah produsen dapat mencari solusi kompromi yang optimal dalam merancang atau mengembangkan suatu produk. Konsumen memiliki preferensi tertentu terhadap suatu produk. Seperti diketahui bahwa, produk tidak saja terdiri dari komponen-komponen fisik penyusunnya, namun lebih merupakan kumpulan dari berbagai atribut yang sering menjadi faktor penentu bagi konsumen dalam memilih produk. Atribut dapat meliputi harga, kemasan, rasa, manfaat, dan sebagainya.

 

Menurut Green & Krieger analisis ini dapat juga dimanfaatkan untuk:

  1. Merancang harga
  2. Memprediksi tingkat penjualan atau penggunaan produk (market share), uji coba konsep produk baru.
  3. Segmentasi preferensi
  4. Merancang strategi promosi

 

Tahapan yang umumnya dilakukan dalam merancang dan melaksanakan analisis konjoin secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan Masalah
  2. Mengkonstruksi Stimulus
  3. Menentukan Bentuk Data Input
  4. Membuat Prosedur Analisa Konjoin
  5. Menafsir Hasilnya
  6. Menguji Reliabilitas dan Validitas

 

Dalam Analisis konjoin, data yang digunakan dapat berupa data non metrik atau data berskala kategorik maupun data metrik atau data berskala numerik. Untuk data non metrik, responden diminta untuk memberikan peringkat terhadap stimuli (konsep produk) yang paling disukai, demikian seterusnya hingga peringkat terakhir untuk stimuli yang paling tidak disukai. Untuk data metrik, responden diminta mengurutkan stimuli kemudian memberikan rating atau penilaian terhadap masing-masing stimuli secara terpisah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close