People Innovation Excellence

5 Hal Penting dalam Merancang Website sebagai Media Promosi untuk Produk “High Involvement”

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

Website adalah salah satu stimuli eksternal yang saat ini sangat sering digunakan oleh pemasar untuk menjual produknya. Dewasa ini World Wide Web dianggap sebagai marketing channel yang sangat ampuh dan menjanjikan, serta tentu saja berbeda dengan komunikasi pemasaran secara tradisional. Melalui website, pelanggan tidak bisa menyentuh fisik dari produk atau mencium baunya, sehingga keputusan konsumen untuk membeli produk melalui on-line biasanya ditentukan dari informasi yang diperoleh dari website tersebut, tidak jarang desain dan kemudahan untuk mengakses dan navigasi juga turut berperan serta dalam pengambilan keputusan pelanggan (Park, Lee & Han, 2007). Berbeda dengan komunikasi pemasaran secara tradisional, informasi penjualan diberikan kepada konsumen dengan dua cara yaitu dengan mengunggah segala macam gambar beserta informasinya dalam website tersebut ataupun memasarkan website tersebut ke beberapa bentuk alat pemasaran, misalnya memasarkan website di majalah atau koran.

Khusus untuk produk dengan high Involvement, website yang dikelola secara aktif dapat mendukung kinerja dari salesperson yang menjual produk tersebut. Dengan adanya website, salesperson dapat lebih mudah menjual produk atau service-nya, dan website meningkatkan tingkat profesionalisme tidak hanya bagi perusahaan tersebut saja tetapi juga terhadap produknya dan tentu saja salesperson-nya (Molesworth & Suorrti, 2001). Untuk itu, ada 5 hal penting yang harus diperhatikan pemasar yang hendak memasarkan produk-produk High Involvement-nya dengan menggunakan website, sebagai berikut ini :

  • Data yang terpercaya, data yang terdapat didalam sebuah website haruslah data yang dapat dipertanggungjawabkan
  • Akses, website harus mudah diakses oleh sebanyak mungkin konsumen diseluruh dunia
  • Konten, konten harus menarik, mencakup grafis yang atraktf, informasi produk yang jelas, jujur dan mengedukasi, informative, referensi, dan tawaran-tawaran menarik bagi pengunjung seperti : diskon, undian berhadiah dan tawaran lainnya.
  • Interaksi, perusahaan harus menciptakan komunikasi dan interaksi yang baik dengan pelanggan.
  • Link, perusahaan harus menjalin hubungan yang baik dengan banyak perusahaan sehingga bisa saling menaruh link website masing – masing.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close