People Innovation Excellence

“Hotel Ramah Anak” Menjadi Faktor yang Mendasari Konsumen dalam Pemilihan Hotel untuk Berlibur

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

DESEMBER SUDAH DATANG.WAKTUNYA LIBURAN!”.

Kalimat ini biasanya sering kita dengar menjelang masa-masa liburan, dan nuansa liburan semakin terasa ketika masuk ke Bulan Desember, seiring dengan Hari Natal dan juga Tahun Baru, hawa liburan semakin jelas terasa.

Di bulan ini, banyak vendor-vendor penyedia jasa liburan mulai menawarkan program-program liburan seru khususnya liburan yang bertemakan keluarga. Program-program liburan yang ditawarkan biasanya berbentuk paket, dimana paket tersebut biasanya meliputi : tiket pesawat ke tujuan liburan yang ditawarkan, biaya masuk ke tempat-tempat wisata, konsumsi dan tentu saja hotel untuk menginap selama berlibur.

Sebuah riset membuktikan, bahwa hotel menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebuah keluarga dalam pemilihan sebuah agen perjalanan untuk berlibur. Orang tua sebagai pengambil keputusan, dalam hal ini adalah unutk memilih agen perjalanan untuk berlibur, akan sangat memperhatikan hotel seperti apa yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut, Khususnya segmentasi Millenial yang memiliki anak-anak yang aktif. Mereka ingin memastikan bahwa hotel yang ditawarkan bukan hanya aman tetapi juga menyenangkan untuk anak-anak.

Penelitian ini juga mengungkapkan 2 faktor yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih hotel pada waktu berlibur, sebagai berikut:

  • Keamanan, konsumen ingin memastikan bahwa hotel yang akan mereka tinggali pada saat berlibur harus memiliki system keamanan yang baik, dengan petugas keamanan yang sigap dan bisa diandalkan. Mereka juga memperhatikan system CCTV di hotel tersebut, apakah dipasang di lokasi-lokasi strategis di hotel tersebut atau malah dipasang di lokasi-lokasi yang menurut mereka akan mengganggu kenyamanan mereka.
  • Fasilitas, dalam memilih hotel pada saat berlibur, konsumen juga memperhatikan fasilitas apa yang dimiliki oleh hotel yang bisa dimanfaatkan juga untuk anak-anak, seperti misalnya: konsumen akan senang jika hotel menyediakan tempat bermain untuk anak-anak, sehingga pada saat makan pagi anak-anak bisa sambil bermain, dengan demikian mereka akan semangat untuk mengahabiskan makan paginya, dimana menurut orang tua, sarapan diwaktu liburan sangatlah penting karena selama liburan mereka akan membutuhkan banyak energi.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close