People Innovation Excellence

PERSUASIVE ADVERTISING APPEALS

Oleh: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

 

Agar sebuah iklan dapat menarik perhatian konsumen, maka diperlukan daya tarik (appeals). Ada banyak daya tarik yang dapat digunakan dalam sebuah iklan.

  1. Daya Tarik Perbandingan (Comparative Appeals)pepsi

Daya tarik iklan perbandingan ini kebanyakan lebih menonjolkan perbandingan bahwa produk yang diiklankan lebih baik dibanding dengan produk lain. Iklan komparatif lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merk dibandingkan iklan non-komparatif. Daya tarik perbandingan dapat juga mempengaruhi sikap terhadap merek dan mendorong lebih kuat untuk membeli merk yang diinginkan.

  1. Daya Tarik Rasa Takut (Fear Appeals)fear

Daya tarik rasa takut cocok untuk meningkatkan motivasi konsumen. Identifikasi rasa takut dapat meliputi 2 hal yaitu; konsekuensi negatif jika tidak menggunakan produk, contoh: asuransi dan konsekuensi negatif terhadap perilaku yang tidak aman, contoh: merokok, narkoba, seks bebas, dll.

  1. Daya Tarik Humor (Humorous Appeals)humor

Daya tarik humor juga digunakan oleh banyak para pengiklan, karena dianggap cukup efektif untuk menarik perhatian, menyempurnakan kesukaan, baik terhadap iklan maupun merek yang diiklankan. Daya tarik humor dapat juga mempengaruhi sikap, menciptakan tindakan konsumen untuk membeli produk dan digunakan untuk mempertahankan keberadaan suatu produk.

  1. Daya Tarik Seks (Sexual appeals)sexual appeals

Daya tarik seks dapat memberikan suatu daya tarik untuk perhatian awal dan daya tarik perhatian dalam periode yang lama. Daya tarik seks biasanya menggunakan model atraktif dan pose yang provokatif. Daya tarik seks lebih sering mendapat tanggapan negatif jika tidak sesuai dengan materi yang diiklankan. Iklan dengan daya tarik seks sering kali melanggar etika atau melanggar tuntunan agama. Terbukti iklan dengan daya tarik seks kurang berhasil dalam penjualan dibanding iklan dengan daya tarik yang lainnya.

  1. Daya Tarik Rasional (Rational Appeals)rational appeal

Daya tarik rasional memberikan tekanan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi dari pesan menekankan pada fakta dan persuasi logis. Daya tarik rasional cenderung informative, sehingga pengiklan menggunakan daya tarik rasional ini umumnya mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa produk mempunyai manfaat khusus yang dapat memuaskan konsumen.

  1. Daya Tarik Selebriti (Celebrity Appeals)celeb

Penggunaan selebriti dalam sebuah iklan memiliki pengaruh pada masyarakat, karena mereka memandang selebriti sebagai public figure. Selebriti memiliki banyak penggemar dan kadang kala perilaku mereka sering kali ditiru. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh pemasar untuk mendorong konsumen membeli produk mereka. (Berbagai Sumber)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close