People Innovation Excellence

Analisis Deduktif versus Induktif

Analisis Deduktif versus Induktif

Dalam penelitian kualitatif, peneliti dituntut untuk berfikir induktif (inductive thinking) atau dikenal dengan istilah inductive analysis. Untuk memahami konsep inductive logic, perlu dikontraskan dengan deductive logic. Menurut Bourke & Holbrook (2005) deductive logic merupakan hasil dari praktik reduksi atau reduksionisme para peneliti kuantitatif, seperti terungkap dalam contoh berikut:

Semua mahasiswa metodologi bersikap kritis

Idham ialah mahasiswa metodologi

Jadi, Idham bersikap kritis.

Silogisme diatas mempresentasikan suatu teori (penjelasan yang sistematis akan fakta-fakta yang diamati dan seperangkat atauran yang berkaitan dengan aspek tertentu dalam kehidupan). Selain itu, silogisme seperti ini juga menjelaskan tentang operasionalisasi teori-teori. Untuk membuktikannya, misalnya dalam contoh diatas, kita harus melakukan penelitian dan pengujian empiris tentang sikap kritis Idham.

Jika contoh diatas diaplikasikan dalam inductive logic, kita dapat memulai dengan pernyataan bahwa Idham ialah seorang mahasiswa metodologi yang bersikap kritis. Kita sebagai peneliti kemudian mulai mengamati sejumlah mahasiswa metodologi. Setelah melakukan pengamatan, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa semua mahasiswa metodologi bersikap kritis. Dengan demikian, analisis induktif berarti penemuan tema-tema, pola-pola, kategori-kategori analisis yang BERSUMBER dari data, bukan mencari PEMBUKTIAN pada data sebelum mengumpulkan dan menganalisis data.

Sumber: Bandur, Agustinus. 2014. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain & Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. MItra Wacana Media. Jakarta


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close