People Innovation Excellence

Analisis Pergerakan Harga Emas Di Indonesia

Tahun 2015 sudah hamper berakhir, banyak investor yang sudah memprediksi kemana mereka akan menginvestasikan uang mereka. Mengingat investasi tradisional yang banyak digunakan adalah dengan menginvestasikan emas baik berupa fisik maupun berupa saham. Pada tanggal 26 november 2015 emas diperkirakan kembali tergelincir dalam koreksi bearish pada awal sesi New York, tertekan disebabkan rilis data ekonomi AS yang memberikan sentiment positif untuk isu kenaikan suku bunga Desember, walaupun masih dalam batasan kisaran koreksi sebelumnya. Pesanan barang AS rebound lebih dari yang diharapkan pada bulan Oktober, setelah turun dalam dua bulan sebelumnya. Klaim pengangguran awal turun lebih dari yang diharapkan dan pendapatan pribadi sesuai harapan, walaupun disisi lain sentimen Universitas Michigan direvisi negatif.

Dengan indeks dolar yang terus bertahan pada catatan tinggi, kebijakan ketat nampaknya masih sangat bijaksana. Hal ini terutama berlaku jika dikaitkan dengan utang global, tekanan deflasi terus-menerus dan meningkatnya ekspektasi bahwa QE ECB akan terjadi pada bulan Desember. Dengan fakta tersebut, diperkirakan bahwa pasar masih melihat kemungkinan 70 persen bagi kenaikan suku bunga pada bulan Desember.

Prediksi emas pada tahun 2016 cukup membuat para investor penasaran. Adapun analisis prediksi harga emas di tahun 2016 adalah emas sungguh sangat memprihatinkan tahun 2015 ini, membuat para investor khawatir mengenai apa yang akan terjadi di tahun mendatang. Jika kita mendengarkan pendapat umum mengenai bagaimana pergerakan harga emas tahun 2016 nanti, mungkin kita akan semakin pesimis. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu Citigroup Inc menurunkan proyeksinya pada logam mulia ini. Tahun 2016 nanti, bank besar itu memperkirakan emas akan dijual pada kisaran harga 1,050 Dolar AS, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya USD 1,195. Perusahaan investasi besar lainnya juga berpendapat serupa.

Namun jika para investor sungguh-sungguh yakin mengenai investasi pada aset yang sedang undervalued, maka seharusnya mereka tak harus terlalu khawatir. Logam mulia ini masih memiliki peluang untuk meningkatkan nilai jualnya di tahun mendatang. Meski tahun ini emas mungkin sedikit mengkhawatirkan, tapi harga emas diperkirakan akan jauh lebih optimis pada 2016 nanti dan tahun-tahun berikutnya.

Malah, jika kita perhatikan faktor teknikal dan fundamental emas, akan terlihat indikasi bahwa emas sedang bersiap untuk naik di tahun 2016.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close