People Innovation Excellence

Concept of Brand Personality

Oleh: Regina Tandiono, SE (Alumnus of International Marketing)

 

Kepribadian merek dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari respon emosional konsumen, kepercayaan konsumen dan loyalitas (Fournier, 1994). Dengan mengungkapkan karakteristik nilai konsumen, kepribadian merek memainkan peran yang menentukan dalam pemilihan merek (Guthrie & Kim, 2009). Aaker, Fournier, dan Brasel (2004) meneliti bagaimana persepsi ketulusan dan kegembiraan berubah ketika konsumen kecewa dengan produk atau merek. Kepribadian merek juga menunjukkan bagaimana konsumen menilai merek itu sendiri dan nilai karakteristik tertentu atas orang lain, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pilihan merek mereka (Guthrie, Kim, dan Jung, 2008). Misalnya, berdasarkan Kim (2000), dia menemukan bahwa meskipun harapan kepribadian untuk merek pakaian berbeda, kepribadian merek “kompeten” ditemukan sebagai karakteristik umum untuk merek yang dirasakan menguntungkan.

5fec65ed51503b01016848999560bc7e

Source: https://www.pinterest.com/pin/138767232240501419/

Aaker (1997) memberikan banyak implikasi untuk penelitian kepribadian merek. Pertama, untuk merek menjadi sukses, kepribadiannya harus sesuai atau ideal dengan kepribadian konsumen (Guthrie, Kim, dan Jung, 2008). Hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi dimensi brand yang menggambarkan merek, dan memastikan kepribadian dimensi ini secara memadai digambarkan kepada konsumen, dan tujuan utamanya adalah untuk memastikan merek mempengaruhi kepribadian dengan preferensi konsumen untuk kategori produk merek tertentu (Guthrie, Kim, dan Jung, 2008).

Aaker (1997) mengembangkan 5 dimensi brand personality yang terdiri dari Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication dan Rugedness. 

  1. Pertama adalah Sincerity (Down-to-earth, family-oriented, small town, honest, sincere, realistic, wholesome, original, cheerful, sentimental and friendly). Dimensi ini menunjukkan sifat manusia yang tulus. Jika diaplikasikan pada brand dimensi sincerity atau kesungguhan hati ini mencerminkan bagaimana brand benar-benar menunjukkan konsistensinya dalam memenuhi need (kebutuhan), want (keinginan), dan expectation (harapan) dari konsumen.
  2. Kedua adalah excitement (Contemporary, independent, up-to-date, unique, imaginative, young, cool, sprited, exciting, trendy and daring). Excitement artinya kegembiraan, bagaimana sebuah brand mampu memberikan kesenangan pada pemakainya.
  3. Ketiga adalah dimensi Competence (Reliable, hardworking, sincere, intelligent, technical, corporate, successful, leader and confident). Dimensi Competence ini menunjukkan bahwa suatu brand punya kemampuan untuk menunjukkan keberadaanya di pasar.
  4. Keempat adalah dimensi sophisticating (Upper class, glamor, good-looking, charming, feminine and smooth. )Dimensi ini lebih mengacu pada bagaimana suatu brand memberikan nilai bagi konsumennya. Ada dua elemen yaitu upper class dan
  5. Dimensi yang kelima adalah rugedness (Outdoorsy, masculine, western, tough, and rugged). Dimensi ini menunjukkan bagaimana sebuah brand mampu bertahan di tengah persingan brand-brand Elemen outdoorsy mengacu pada sifat kokoh dan maskulin, sedangkan tough menunjukkan elemen yang kuat.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close