People Innovation Excellence

Generalized System of Preference In Export

Fasilitas yang diberikan negara-negara maju kepada negara-negara berkembang untuk melakukan ekspor ke negara-negara tersebut dengan bea masuk rendah atau bahkan tanpa dikenakan bea masuk sama sekali.

Fasilitas ini merupakan hasil kesepakatan sidang UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development), badan PBB yang bertugas menangani masalah ekonomi yang dihadapi negara-negara berkembang. GSP pertama diberikan oleh negara-negara Eropa pada tahun 1971. Fasilitas ini diberikan karena negara berkembang dianggap belum mampu menghasilkan produksi yang efisien.

Untuk bisa mendapatkan fasilitas GSP, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh negara yang memintanya. Persyaratan itu antara lain: negara pemohon harus membiarkan pekerja-pekerja yang ada membentuk perkumpulan atau asosiasi pekerja; pekerja-pekerja ini harus diberi hak melakukan penentangan atas berbagai kewajiban dan paksaan yang ditujukan kepada mereka: kepada pekerja juga harus diberikan kondisi pekerjaan yang baik, upah dan jam kerja yang wajar serta fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja yang memadai; dan kepada pekerja anak-anak juga harus diberikan nilai upah tertentu.

Writer: Rianto Nurtjahjo


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close