People Innovation Excellence

PROSEDUR EKSPOR

Dalam kegiatan perdagangan internasional terdapat dua kegiatan pokok, yaitu kegiatan impor dan kegiatan ekspor.Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Orang atau pihak yangmelakukan kegiatan ekspor disebut eksportir sedangkan Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Orang atau pihak yang mengimpor barang atau jasa tersebut disebut importir.

Pada sesi ini akan dijelaskan tentang tahapan prosedur ekspor

1. Eksportir dan Importir melakukan korespondensi yang di akhiri dengan pembuatan sales contract, Apa itu itu sales contract ? sales contract adalah perjanjian antara dua belah pihak penjual (eksportir) dengan pembeli (importir) mengenai hal-hal apa saja yang dipersyaratkan seperti nama barang, jumlah, kemasan, cara pembayaran, cara penyerahan barang, pelabuhan muat dan bongkar, waktu pengiriman, dan sebagainya.

2. Importir mengaplikasikan pembukaan L/C pada bank deviasinya di luar negeri/opening bank apa itu L/C ? surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issuing bank atas permintaan pembeli/importer yang ditunjukkan kepada penjual/eksportir/beneficiary melalui advising/conforming bank dengan menyatakan bahwa issuing bank akan membayar sejumlah uang tertentu apabila syarat-syarat yang ditetapkan dalam L/C tersebut dipenuhi.

3. Opening bank mengirimkan L/C Confirmation pada bank korespondensi di Indonesia untuk

4. Korespondensi Bank memberitahukan kepada bank melalui L/C Advice

5. Eksportir mempersiapkan barang

6. Eksportir memesan kapal kepada shipping company

7. Eksportir mengurus surat-surat seperti PEB, Pajak, dll. apa itu PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang )

8. Shipping company akan memberikan Bill of Ladding (B/L) , apa itu Bill of Ladding ? adalah dokumen perjalanan atau pemuatan. B/L dikeluarkan oleh pihak pengangkut baik pelayaran, penerbangan atau lainnya atau agennya yang menunjukkan bahwa pengirim mengirimkan barangnya dengan kesepakatan yang tertulis di dalam B/L tersebut

9. Selanjutnya eksportir menegosiasikan bank untuk mendapatkan pembayaran

10. Pengirimin dokumen yang di persyaratkan pada L/C dari negotiation bank ke opening bank

11. opening bank meneruskan dokumen tersebut kepada importir

12. importir menyerahkan dokumen tersebut pada shipping agent untuk dilakukan delivery cargo

Writer: Rianto Nurtjahjo


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close