People Innovation Excellence

Signifikansi Penelitian

Signifikansi Penelitian

Creswell (2005) dalam Bandur (2014) mengemukakan bahwa empat alasan utama untuk melakukan penelitian. Pertama, penelitian dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Suatu penelitian dapat memberikan sumbangan dalam perkembangan ilmu pengetahuan jika:

  1. Menutup gap yang ada (address gaps in knowledge) dalam ilmu pengetahuan yang sedang berkembang, yakni melakukan penelitian yang tidak banyak dilakukan penelitian sebelumnya.
  2. Mereplikasi ilmu pengetahuan (replicate knowledge), yakni menguji hasil-hasil penelitian sebelumnya berdasarkan hasil penelitian yang baru atau menguji hasil penelitian sebalumnya pada lingkup penelitian (setting) yang baru.
  3. Memperluas ilmu pengetahuan yang ada (expand knowledge), yakni memperluas penelitian pada ide-ide yang baru.
  4. Memperluas perspektif (broaden perspective), dengan menyuarakan kelompok responden dan atau subjek-subjek penelitian yang tidak pernah didengar selama ini (voice of the voiceless)

Kedua, penelitian dapat juga memperbaiki praktik-praktik yang ada. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk menyediakan berbagai solusi dan perbaikan yang ditawarkan oleh hasil penelitian tersebut. Penelitian selalu memberikan input, saran, dan atau rekomendasi baru. Ketiga, hasil penelitian dapat juga membantu para penentu kebijakan untuk memformulasikan kebijakan baru demi perbaikan. Keempat, penelitian dapat membantu mahasiswa untuk membangun keterampilan sebagai seorang peneliti dalam pengembangan konsep, penulisan, dan bahkan pengorganisasian konsep. Penelitian tidak hanya bermanfaat dalam konteks pengembangan teori, kebijakan, dan praktik tetapi juga memberikan kontribusi terhadap lahirnya suatu tindakan baru yang lebih spesifik untuk mengatasi masalah tertentu.

“For some research the benefit may not be so obvious. If we knew what it was we were doing, it would not be called research, would it?” (Albert Einstein)​


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close