People Innovation Excellence

Teknik Pengambilan dan Pencatatan Data Kualitatif

Creswell (1994) menyarankan langkah-langkah pengambilan data dalam penelitian kualitatif sebagai berikut:

  1. menetapkan batasan penelitian,
  2. mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan materi visual, dan
  3. mengembangkan tata urutan untuk merekam informasi

Dalam penelitian kualitatif, diperlukan untuk mengidentifikasi parameter pengumpulan data, yaitu menetapkan secara sengaja (purposefully) informan atau dokumen atau materi visual yang dapat menjawab pertanyaan penelitian. Selain itu, menurut Miles dan Huberman (1984) sebagaimana dikutip oleh Creswell (1994), perlu mempertimbangkan lokasi penelitian (setting), aktor-aktor (actors) yang akan diwawancarai, peristiwa (events) atau kejadian apa yang akan dirasakan oleh aktor yang akan dijadikan topik wawancara dan observasi, dan prosess (process), yaitu sifat peristiwa yang akan dirasakan aktor-aktor dalam lokasi penelitian.

Sebelum terjun ke lapangan, menurut Creswell (1994), peneliti dapat merencanakan pendekatan untuk merekam data penelitian. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk merekam data tersebut:

  1. Peneliti menggunakan protokol observasi selama penelitian. Protokol ini untuk membedakan:
    • catatan-catatan deskriptif (deskripsi mengenai informan, rekonstruksi dialog, deskripsi mengenai setting fisik, catatan tentang peristiwa dan aktivitas tertentu)
    • catatan-catatan reflektif (pengetahuan pribadi peneliti, seperti spekulasi, perasaan, masalah, gagasan, dugaan, kesan, dan prasangka)
    • informasi demografis, seperti jam, tanggal, dan lokasi dimana peneliti saat itu berada.
  2. Selain itu, peneliti menggunakan protokol wawancara ketika mengajukan pertanyaan dan merekam jawaban-jawaban selama wawancara kualitatif, yang mencakup komponen-komponen sebagai berikut:
    • Judul
    • Instruksi-instruksi untuk pewawancara
    • Pertanyaan kunci pada penelitian
    • Pemeriksaan untuk melanjutkan pertanyaan penelitian
    • Waktu tunda untuk mencatat respon-respon dari informan
    • Ucapan terima kasih kepada informan
  3.  Selanjutnya, peneliti merekam informasi dari informan menggunakan catatan-tangan, dengan audiotape, atau dengan videotape. Jika videotape digunakan, peneliti harus tetap mentranskrip hasil rekaman videotape ini.
  4. Untuk dokumen dan materi-materi visual, dapat direkam atau dicatat sesuai keinginan peneliti. Rekaman atau catatan haruslah merefleksikan informasi mengenai dokumen tersebut atau materi lain serta gagasan-gagasan inti dalam dokumen.
  5. Peneliti juga perlu memberikan komentar tentang nilai dan reliabilitas sumber yang telah tersedia pada data yang telah didapatkan.

Selamat mencoba 🙂

Sumber: Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications, Inc. Thousand Oaks

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close