People Innovation Excellence

Pengaruh Jarak Tempuh dan Tingkat Kemacetan terhadap Mall Loyalty (Part 3)

Oleh: Indry Aristianto Pradipta, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Akan tetapi dari penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, ditemukan bahwa jarak tempuh yang jauh dan tingkat kemacetan yang tinggi bukan menjadi penghalang bagi pengunjung untuk pergi ke mal Grand Indonesia. Dikutip dari Engel (2003), saat ini, perilaku konsumen diartikan lebih dari sekedar bagaimana seorang konsumen membeli produk tangible tetapi juga penggunaan jasa oleh konsumen seperti pergi ke salon, dokter, mal, bertamasya dan lain-lain.

Perilaku konsumen dipengaruhi beberapa faktor, yaitu pengaruh eksternal seperti status sosial, keluarga, budaya, demografis, dan aktivitas pemasaran. Pengaruh internal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti persepsi, perilaku, emosi, personaliti, dan ingatan. Pengaruh ini kemudian membentuk suatu gaya hidup dan konsep diri yang akan mempengaruhi keputusan pembelian dari seorang konsumen. Oleh karena itu banyak sekali masyarakat yang tidak peduli dengan jarak tempuh dan tingkat kemacetan hanya untuk terpuaskannya satu kebutuhan (needs) dari si calon konsumen.

Menurut Hoyer & McInnis (2007), ada 3 kategori besar needs yang harus dipenuhi, yaitu:

1) Social atau nonsocial needs

Merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan individu lain. Dengan kata lain untuk memenuhi kebutuhan ini konsumen membutuhkan kehadiran atau tindakan dari orang lain.

2) Functional, symbolic needs

Merupakan pemenuhan kebutuhan yang dalam pencapaiannya tidak membutuhkan orang lain, seperti tidur dan makan. Functional needs memotivasi konsumen untuk mencari produk yang dapat memecahkan masalah konsumsi terkait, misalnya untuk keselamatan, konsumen membeli mobil dengan sistem airbag, atau untuk kenyamanan tidur maka konsumen membeli springbed. Symbolic needs memotivasi konsumennya untuk mengekspresikan identitasnya atau tingkat sosialnya. Contohnya: untuk mencitrakan dirinya sebagai orang yang kaya maka seorang konsumen membeli mobil merek Mercedes Benz, dan lainnya.

3) Hedonic needs

Hedonic needs mewakili kebutuhan konsumen akan kepuasan, kenikmatan, kesenangan pada berbelanja.

Dari penjelasan di atas jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen Indonesia sudah bukan lagi dalam tahap hanya sekedar social atau nonsocial needs atau functional, symbolic needs. Hedonic needs sudah lebih cenderung menguasai perilaku konsumen masyarakat Indonesia sekarang ini. Seperti contohnya adalah ketika orang mendengar bahwa di ujung kota ada restoran yang menyediakan makanan khas daerah yang sangat enak dan tempat yang unik, sudah pasti masyarakat dari luar daerah tersebut bahkan dari luar kota akan memiliki rasa penasaran sehingga mereka akan mencari dan dating ke restoran tersebut. Hal ini berlaku juga pada sebuah mal.

Oleh karena itu jika pihak manajemen mal dapat memberikan kenyamanan, dan pengunjung memiliki persepsi yang positif terhadap citra dari mal tersebut maka mall loyalty akan tercipta.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close