People Innovation Excellence

Budaya dan Industri Wedding Organizer

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Lingkungan dan budaya adalah dua faktor eksternal yang turut mempengaruhi perkembangnya sebuah industryi, selain tentu saja faktor-faktor internal yang biasanya timbul dari dalam perusahaan itu sendiri.

Demikian pula dengan industri Wedding Organizer, yang perkembangannnya juga dipengaruhi oleh factor lingkungan dan budaya. Seiring dengan zaman yang semakin modern dan menuntut masyarakat untuk menjadi lebih sibuk bekerja, Wedding Organizer menjadi sebuah solusi bagi para pasangan yang bekerja dalam mempersiapkan pernikahannya.

Indonesia dikenal sebagai Negara multicultural dengan beberapa kota besarnya yang ditinggali oleh penduduk dengan beragam budaya. Beragamnya budaya di Indonesia juga mempengaruhi tata cara pernikahan masyarakat Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan tata caranya masing-masing, termasuk menyangkut pernikahan.

Bukan hanya tata cara saja, tetapi juga beberapa kebiasaan-kebiasaan di seputar perencanaan dan pelaksanaan pernikahan seringkali berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain, hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi perkembangan industry Wedding Organizer di Indonesia. Budaya gotong royong adalah salah satu budaya khas Indonesia yang masih sangat kentara terlihat hingga saat ini, salah satu daerah yang masih sangat kental dengan budaya gotong royongnya adalah Jogjakarta. Hal ini menjadi sangat kentara terlihat jika sebuah keluarga ingin menggelar pernikahan atau di Jogjakarta dikenal sebagai “Kepya’an”, pada kegiatan “Kepya’an” biasanya yang akan sibuk bukan hanya pengantin dan keluarga inti dan keluarga besarnya saja, tetapi juga tetangga dan masyarakat sekitar. Beragam bantuan khususnya dari segi tenaga mereka berikan kepada calon penganten dan keluarga besarnya agar supaya prosesi pernikahan berjalan lancer.

Fenomena menarik tertangkap dari budaya gotong royong masyarakat Jogjakarta dengan perkembangan industry Wedding Organizer, penelitian awal mengenai hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan calon penganten di Jogjakarta belum terlalu membutuhkan jasa Wedding Organizer untuk membantu mereka merencanakan dan menyelenggarakan prosesi pernikahan, karena sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa keluarga besar dan tetangga sekitar pasti akan senang hati membantu mereka, sehingga daripada mereka mengeluarkan biaya besar utnuk menyewa jasa Wedding Organizer, mereka memilih untuk mengadakan semacam pesta rakyat kecil sebagai ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close