People Innovation Excellence

DARI HOBI MENJADI PELUANG USAHA

Oleh : Dewi, S.Kom., M.M

Banyak orang berkata jika ingin bekerja atau menjadi pembisnis yang sukses maka pada saat bekerja atau menjalankan bisnis harus sesuai dengan passion masing -masing. Passion sendiri dapat diartikan sebagai perasaan dimana seseorang senang, suka, dan berminat dengan sesuatu hal. Secara tidak langsung passion itu sama dengan hobi. Mengapa disebut sama? Seperti yang kita tahu hobi adalah kesenangan dan minat terhadap sesuatu dan setiap orang pasti memiliki hobi. tahukah anda bawa hobi juga bisa menjadi pekerjaan atau bisnis yang memberikan profit? Namun tidak semua hobi dapat dijadikan peluang usaha oleh karena itu ada beberapa yang perlu diperhatian pada saat anda ingin menjadikan hobi sebagai usaha: Produk atau hobi yang diinginkan, Perkembangan pasar dan industry, Perkembangan tren saat ini seperti apa, Situasi lingkungan saat ini, serta Kebutuhan dan permintaan pelanggan. Pada era saat ini sudah banyak entrepreneur yang menjadikan hobi sebagai pekerjaan dan usaha mereka dan kebanyak dari mereka sukses. Beberapa contoh hobi yang dapat dijadikan sebuah pekerjaan dan usaha, seperti : memasak, olahraga, fotografi, musik, fashion, menggambar atau melukis, menyulam dan masih banyak lagi. Untuk menjadikan hobi sebagai pekerjaan atau usaha tidak cukup hanya dengan “senang”, “suka” dan “minat”. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan hobi sebagai lahan usaha : pertama Perluasan wawasan anda dengan Mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai hobi anda, peluang usaha dan terus belajar. Jika anda memiliki wawasan yang luas anda dapat menggunakan pengetahuan anda untuk mengembangkan hobi atau usaha anda. Kedua Dengan menerima kritik dan saran anda dapat mengetahui kekurangan dari hobi dan usaha yang anda akan jalankan atau yang sudah berjalan. Sehingga anda dapat memperbaiki kelemahan dan kesalahan yang ada. Ketiga Fokus dengan hobi yang benar –benar diminati. Misalnya, jika anda berminat atau hobi dengan memasak maka anda hanya perlu focus dengan hobi tersebut. Dan yang terakhir Serius dimana kita perlu meluangkan lebih banyak waktu ketimbang sebelumnya. Kita tidak bisa menjalankan bisnis kita setengah-setengah jika menginginkan hasil maksimal. Kita juga perlu melakukannya secara professional dan tidak semata karena hobi.Nah setelah membaca artikel ini apakah anda tertarik untuk menjadikan hobi anda menjadi usaha? Selain mendapatkan kesenangan anda juga bisa mendapatkan uang. Dan perlu anda ketahui bahwa setiap usaha apapun yang anda jalankan pasti anda akan menghadapi yang namanya resiko. jadi jika anda ingin maju atau sukses anda harus berani mengambil resiko. Jadi sudahkah anda siap dengan resiko tersebut? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mencoba menjadikan hobi sebagai usaha kalian.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close