People Innovation Excellence

Dunia Membutuhkan Kewirausahaan (1)

Penulis: Deva Prudensia Setiawan

Suatu pemikiran yang menarik diungkapkan oleh Tugrul Atamer mengenai pentingnya kewirausahaan (entrepreneurship) bagi manusia. Sejak tujuh tahun lalu ia dan teman-temannya telah memprediksi bahwa dunia akan sangat amat membutuhkan wirausahawan-wirausahawati pada kira-kira sepuluh tahun mendatang dari saat itu.

Kemudian, dunia jatuh dalam resesi ekonomi yang parah dan berdampak memanjang, muncul banyak ketidakpastian yang lebih kuat dari sebelumnya, juga ada terorisme yang terus-menerus mengganggu, dan daya beli masyarakat yang semakin jauh melemah, dsb; ini semakin memperkuat keyakinan tersebut.

Bahkan, kewirausahaan telah menjadi filsafat bisnis yang dominan saat ini, dimana kewirausahaan menggabungkan kreatifitas, inovasi, inisiatif, fleksibilitas, dan dasar bagi penciptaan pekerjaan. Itu semua sangat dibutuhkan saat ini dan saat mendatang.

Bukan hanya itu, dalam waktu bersamaan, semangat kewirausahaan ini berkembang didalam ranah sosial. Kewirausahaan sosial yang modern muncul menggunakan model-model bisnis yang baik dalam membangun perusahaan sosial untuk melayani masyarakat yang berada pada dasar piramid ekonomi masyarakat.

Kebutuhan untuk menemukan solusi atas tantangan dan trend besar yang baru membutuhkan paradigma yang baru pula. Institusi, model bisnis, dan sistem sosial yang lama tidak dapat lagi menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Transformasi revolusioner besar yang terjadi sekarang merupakan konvergensi antara sarana komunikasi baru melalui komunikasi internet dengan era energi baru yang terbarukan (renewable). Transformasi ini diciptakan oleh konvergensi antara teknologi digital, nanoteknologi, bioteknologi, dan neuroscience serta dikombinasikan dengan kebutuhan menemukan energi baru atas masalah diskontinuitas sumber energi. Empat transformasi utama dalam demografik, geopolitik, teknologi, dan lingkungan telah membawa dunia masuk pada era penting terkait diskontinuitas kemanusiaan.

Pertumbuhan populasi dari 7 miliar pada 2010 menjadi 9 miliar pada 2050 menaikkan tantangan atas miliaran orang yang perlu ditarik keluar dari kemiskinan. Selain itu, prediksi harapan hidup manusia akan mendekati seratus tahun pada 2050 terkait perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan manusia, memunculkan masalah kebutuhan institusi baru dan kehidupan sosial yang baru untuk menyesuaikan munculnya empat generasi dalam sebuah keluarga ketimbang tiga generasi yang terjadi saat ini.

Dalam jangka waktu yang bersamaan, ‘pusat gravitasi’ dari ekonomi dunia akan bergeser dari negara-negara barat yang maju kepada blok demografik besar yang sedang berkembang sekarang ini. Ada tingkatan geopolitik global yang baru nanti: Tiongkok, India, Brazil, Russia, Amerika Serikat, dan Eropa sebagai global superpower, dan Meksiko, Indonesia, Turki, dan Afrika Selatan sebagai kekuatan regional. Mereka semua saling berinteraksi dan berkompetisi dalam menentukan aturan main yang baru dalam ekonomi maupun politik. Nanti, pertama kali dalam sejarah, ada kompetisi antara begitu banyak kekuatan terjadi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close