People Innovation Excellence

Globalisasi

Penulis: Deva Prudensia Setiawan

Globalisasi digambarkan oleh Thomas Friedman dengan istilah simbolik ‘the world is flat’. Globalitas merupakan dunia-tanpa-batas (borderless world) yang tumbuh akibat kemajuan teknologi dan pertumbuhan negara-negara berkembang.

Sebuah tulisan menggambarkan globalisasi ini dari situasi sekitar kematian Putri Diana dari Inggris untuk pembaca di Amerika Serikat:

Princess Diana was an English princess

With an Egyptian boyfriend

Who crashed in a French tunnel

Driving a German car

With a Dutch engine,

Driven by a Belgian who was drunk

On Scottish whisky,

Followed closely by Italian Paparazzi,

On Japanese motorcycles.

She was treated by an American doctor,

Using Brazilian medicines.

This description is sent to you by an American Indian,

Using Bill Gate’s technology,

And you are probably reading this on your computer,

That uses Taiwanese chips,

And a Korean monitor,

Assembled by Bangladeshi workers

In a Singapore plant,

Transpored by Indian lorry-drivers,

Unloaded by Sicilian longshoremen,

And trucked to you by Mexican immigrants.

 

 

PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi secara literal berarti proses transformasi dari fenomena lokal dan regional menjadi suatu yang global. Ini bisa digambarkan sebagai suatu proses dimana orang-orang di dunia disatukan ke dalam masyarakat tunggal. Proses ini mengombinasikan kekuatan-kekuatan ekonomi, teknologi, sosiokultural dan juga politik.

Sebutan globalisasi seringkali dimaksudkan pada globalisasi ekonomi, yaitu integrasi ekonomi nasional kepada ekonomi internasional melalui perdagangan, investasi asing yang langsung, aliran modal, migrasi, dan penyebaran teknologi.

Globalisasi didefinisikan sebagai pergerakan dari seluruh dunia menuju integrasi ekonomi, keuangan, perdagangan, dan komunikasi; sehingga melampaui perspektif lokal dan nasionalistik kepada cara pandang yang lebih luas dari dunia yang saling berkaitan dan saling bergantung dengan perpindahan modal, barang, dan jasa yang bebas melewati batas-batas nasional; tetapi tidak termasuk pada pergerakan buruh yang tidak dirintangi.

Globalisasi telah digerakkan oleh kapitalism dan pasar terbuka, terutama lewat perusahaan-perusahaan barat.

PENGERTIAN GLOBALITAS

Globalitas menunjuk pada keadaan akhir dari proses globalisasi, yaitu suatu keadaan dimana proses globalisasi telah lengkap atau hampir selesai, penghambat-penghambat telah hilang, dan sebuah realitas global yang baru muncul. Jadi, globalitas adalah apa yang kemudian setelah globalisasi: suatu keadaan baru dari dunia yang hiper-kompetisi.

 

PENGERTIAN DEGLOBALISASI

Deglobalisasi merupakan proses penghilangan saling ketergantungan dan integrasi antara unit-unit di dunia, biasanya negara-pemerintahan. Jadi, deglobalisasi merupakan kebalikan dari proses globalisasi. Seperti halnya globalisasi, deglobalisasi merujuk pada dimensi-dimensi ekonomi, perdagangan, sosial, teknologikal, kultural, dan politikal. Saat ini, studi tentang deglobalisasi baru terbatas pada bidang ekonomi internasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close