People Innovation Excellence

Pengaruh Jarak Tempuh dan Tingkat Kemacetan terhadap Mall Loyalty

Oleh: Indry Aristianto Pradipta, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan didukung dengan tingkat penghasilan masyarakat yang terus meningkat membuat keberadaan mal semakin mendapat tempat di hati masyarakat karena mal menjadi tempat yang paling nyaman dan menyenangkan untuk berbelanja.

Di kota Jakarta yang memiliki luas 661,52 km2 ini telah berdiri 170 mal, dimana jumlah ini akan bertambah lagi sebanyak 21 mal baru sampai pada tahun 2013. Gandaria City, Lippo Village Kemang, Emporium Mall, Teras Kota, Mal @ Alam Sutera, Living World merupakan mal yang didirikan sepanjang tahun 2009 – 2012.

Keberadaan mal di kota-kota besar di Indonesia saat ini semakin terasa penting. Mal tidak saja menjadi tempat bagi masyarakat untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, tetapi juga menjadi tempat tujuan untuk berekreasi dan bersosialisasi. Sebagian orang menganggap tempat paling cocok untuk melepaskan kesibukan adalah pusat perbelanjaan atau mal. Tidak dapat dipungkiri hampir sebagian besar orang selalu menghabiskan waktu senggangnya di mal. Banyaknya tenant yang ada seperti toko-toko pakaian, sepatu, food court dengan berbagai jenis makanan, bioskop dan lain sebagainya yang membuat orang-orang menjatuhkan pilihan untuk menghabiskan waktunya di mal.

Penyewa atau tenant dari pusat – pusat perbelanjaan tersebut sebagian besar adalah peritel di bisnis fashion dan food and beverage. Hal ini tentunya membuat persaingan di antara mal-mal yang ada semakin ketat karena semua mal ini memiliki target pasar yang sama yaitu masyarakat yang bertempat tinggal atau berada di Jakarta dan sekitarnya.

(Bersambung ke Pengaruh Jarak Tempuh dan Tingkat Kemacetan terhadap Mall Loyalty Part 2)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close