People Innovation Excellence

Hacker dan Hactivist sisi lain dari Ancaman Kemanan Cyber

Oleh : Angtyasti Jiwasiddi., SE., S.Kom., M.S.M (Faculty Member School of Business Management)

Hacker mungkin memiliki reputasinya tersendiri di dunia Maya, beberapa pihak meyakini merekalah sang “penjahat” di sisi lain sebagian pihak akan melihat bahwa hacker, sering kali memiliki pesan dan misi nya tersendiri dalam memprotes status quo.

Hacker secara luas dipahami sebagai tindakan yang menggunakan komputer untuk memperoleh akses terhadap informasi atau sistem yang sifatnya tertutup dan rahasia. Di tahun 1960-an budaya “hacking” dipopulerkan oleh komunitas di Massachusetts Institute of Technology. Meskipun cukup banyak artikel yang membahas mengenai hacker, namun belum ada kesepahaman yang diakui mengenai karakteristik dari hacker, namun secara umum hacker memiliki beberapa kategori.

Jenis pertama dari hacker sering juga disebut sebagai Black hats, mereka biasanya melakukan tindakan membobol sistem atau informasi dengan tujuan untuk kepentingan atau keuntungan pribadi, Jenis kedua White hats adalah para hacker yang melancarkan serangan untuk menunjukkan kelemahan dalam sistem, dengan tujuan mengingatkan bahwa keamanan yang dibuat masih sangat rentan terhadap serangan. Yang terakhir sering juga disebut sebagai Grey hats. Grey hats adalah para hacker yang bergerak dalam area abu – abu, dimana mereka kerap kali melanggar peraturan namun sering kali dikaitkan untuk tujuan dan pesan moral yang mewakili keadilan dan kebenaran.

Hactivist berasal dari ide “hack” dan “Activism”, pertama kali dipopulerkan sekitar tahun 1996 oleh Omega, anggota dari kelompok hacker Cult of the Dead Cow. Hactivist merupakan bentuk baru atas demonstrasi, protes atas kebijakan politik dan suatu bentuk baru pembangkangan sipil (civil disobedience). Membicarakan komunitas hactivist tidak bisa terlepas dari komunitas yang belakangan semakin besar dan paling terkenal “Anonymous” dengan slogan mereka “we are legion” dikenal salah satu pergerakan terorganisir hactivist yang paling ternama

Dalam beberapa insiden, para Hactivist ini kerap kali dijadikan kambing hitam atas pembobolan sistem yang merugikan beberapa perusahaan komersil, diantaranya yang paling terkenal adalah tuduhan oleh Sony Corporation di tahun 2011 atas pembobolan system dan data rahasia pelanggan yang dilakukan oleh Anonymous. Meski demikian tuduhan tersebut menimbulkan banyak kecurigaan dari berbagai media, dimana banyak yang mencurigai bahwasannya ada pihak pihak yang memiliki kepentingan untuk menjatuhkan Anonymous.

anonymous

Lebih jauh lagi dalam hal Cyber Security, terutama bagi para perusahaan dan korporasi di era digital ini memang menghadapi tantangan yang sangat berat, dalam melindungi data rahasia perusahaan, dan data sensitif yang berkaitan dengan keamanan pelanggan. Hacker yang memiliki tujuan memperoleh akses ilegal untuk memperoleh keuntungan perorangan/ kelompok jelas menjadi ancaman yang nyata, namun ada sisi lain dari kelompok hacker ini yang melakukan tindakannya atas dasar suatu pesan moral dan bentuk protes atas ketidakadilan.

Sumber :


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close