People Innovation Excellence

MODEL PERSEDIAAN CONTINUOUS REVIEW (r,Q) Bagian 1

Oleh : Dr. Haryadi Sarjono

Nutech Pundi Artha, adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing mandrel dan karpet dimana karpet tersebut digunakan untuk kebutuhan mobil. Bahan baku yang digunakan dalam memproduksi karpet adalah karpet, karet, lem, benang obras, benang jahit, label, kancing dan padhill sedangkan untuk memproduksi mandrel dibutuhkan bahan baku berupa pipa stainless, round bar stainless dan siku. Pelanggan dan partner bisnis dari karpet ini sendiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif, diantaranya adalah PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Setelah melakukan pengujian statistika dengan uji Run-test dan kolomogorov-smirnov, maka dapat disimpulkan hasil dari bahan baku dari PT Nutech Pundi Artha ini bersifat probabilistik dan berdistribusi normal. Model persediaan yang sesuai dengan karakteristik bahan baku tersebut adalah model persediaan continuous review (r, Q), perhitungan akan dilakukan secara iteratif sampai didapatkan jumlah pemesanan yang optimal (Q), safety stock (k) dan reorder point (r) yang optimal. Bahan baku yang dijadikan sample perhitungan disini adalah bahan baku Rubber HS 60 yang nantinya akan digunakan untuk Jok mobil Outlander (Mitsubishi).

Hasil perhitungan dengan menggunakan model persediaan Continuous Review

Screen Shot 2015-12-01 at 3.51.48 PM

Screen Shot 2015-12-01 at 3.52.07 PM

Hasil ini kemudian dilanjutkan kembali dengan menggunakan ITERASI

Screen Shot 2015-12-01 at 3.53.36 PM

Berlanjut ke Bagian 2.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close