People Innovation Excellence

MODEL PERSEDIAAN CONTINUOUS REVIEW (r,Q) BAGIAN 2

Oleh : Haryadi Sarjono & Gardini Alfiorin

Tidak semua persediaan bisa dihitung menurut metode probabilistic Continous Review (r, S), ada beberapa prasyarat tertentu yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Pola permintaannya harus bersifat probabilistic.
  • Apabila fenomena tidak diketahui dengan pasti, tetapi nilai ekspektasi, variabsi dan pola distribusi bisa diprediksi.
  • Dalam persediaan probabilistic yang menjadi masalah utama adalah bagaimana kita menentukan besarnya safety stock dan berapa besar stock operasi yang akan kita gunakan

Metode Probabilistik Continuous Review (r,S) System Continuous Review System mengendalikan tingkat persediaan secara terus-menerus. Sistem ini melakukan pemesanan persediaan ketika tingkat persediaan mencapai titik reorder point atau di bawahnya. Continuous Review (r,S) System merupakan sistem persediaan dimana ketika persediaan telah sampai pada titik reorder point atau di bawahnya maka akan dilakukan pemesanan sampai pada tingkat persediaan maksimum (S) dimana S = r + Q. Dalam metode Continuous Review System ini kuantitas pesanan setiap pemesanan tidak tetap. Pemesanan akan terus dilakukan sampai persediaan mencapai titik persediaan maksimum (S). Keuntungan dari Continuous Review System ini adalah selalu tersedianya persediaan sehingga permintaan akan selalu terpenuhi. Pada model ini, r merupakan titik pemesanan kembali (reorder point) dimana r merupakan batas bawah (batas minimum) persediaan dan S merupakan batas atas (batas maksimum) persediaan.

Screen Shot 2015-12-01 at 4.00.54 PM Screen Shot 2015-12-01 at 4.01.09 PM Screen Shot 2015-12-01 at 4.01.23 PM Screen Shot 2015-12-01 at 4.01.35 PM Screen Shot 2015-12-01 at 4.02.01 PM Screen Shot 2015-12-01 at 4.02.37 PM

Iterasi diatas dilakukan untuk semua item bahan baku kelas A. Hasil jumlah pemesanan optimal Q, safety stock (SS)¸ reorder point (r), frekuensi pemesanan dalam 1 tahun (m), dan total biaya untuk item bahan baku Rubber Hs 60, dapat dilihat pada tabel dibawah ini

Screen Shot 2015-12-01 at 4.02.51 PM


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close