People Innovation Excellence

Faktor Pertimbangan Penentuan Lokasi FDI

Faktor Pertimbangan Penentuan Lokasi FDI

By: Novita, S.Kom., MBA

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh manager dalam penentuan lokasi FDI:

  • Tingkat Pengembalian yang diharapkan

Manager harus memperhitungkan tingkat investasi yang diharapkan, dipengaruhi kondisi internal dan eksternal perusahaan.

  • KestabilanPolitik, SosialdanEkonomi

Manager harus memahami bagaimana situasi politik, sosial dan ekonomi di negara tempat tujuan project FDI. Negara tersebut harus memiliki kestabilan politik dan memiliki regulasi yang sesuai sehingga nantinya tidak akan menghambat jalannya proyek. Perubahan kebijakan pemerintah mungkin akan menyebabkan masalah yang berhubungan dengan return yang diharapkan dan bahkan pengambilalihan asset.

  • Budaya

Manager harus mengerti dan mengantisipasi akan adanya berbagai tantangan terkait dengan perbedaan budaya antara negara tujuan proyek FDI dan negara asal perusahaan. Untuk itu diperlukan penerimaan dan adanya kemampuan adaptasi dengan budaya lokal. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana proyek dijalankan, didistribusikan, dan dipasarkan ke konsumen.

  • Bahasa

Manager harus memahami adanya perbedaan terkait dengan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Karena jika tidak memahami bahasa yang digunakan, bisa terjadi miskomunikasi yang nantinya akan berakibat tidak baik bagi jalannya project.

  • Pemerintah dan Tingkat Korupsi

Manager harus meneliti terlebih dahulu pemerintahan negara tujuan FDI. Pemerintahan yang efisien dan bebas korupsi akan mempermudah birokrasi dalam approval proyek, menghemat waktu dan biaya, mempermudah pengoperasian proyek serta meminimalisir terjadinya masalah akibat kelalaian pemerintah.

  • BiayaTransportasi

Manager harus memperhitungkan biaya transportasi produk barang/jasa, bahan baku material, alat, dll yang dibutuhkan dari negara asal perusahaan ke negara tujuan project FDI. Manajer harus memilih biaya transportasi yang ekonomis dan mempertimbangkan jarak dan waktu pengiriman antara kedua negara.

  • BiayaUpah/Gaji

Manager harus mempertimbangkan berapa upah minimum tenaga kerja di negara tujuan, jangan sampai melanggar aturan dan menambah beban dalam produksi.

  • BiayaKonstruksi

Manager harus mempertimbangkan berapa biaya konstruksi yang akan dikeluarkan, misalnya material, tanah, gedung, equipment, dan bagaimana kualitasnya.

  • BiayaSumberDaya

Manager harus memperhitungkan biaya raw material yang dibutuhkan untuk memproduksi barang/jasa. Mempertimbangkan opsi antara memproduksi sendiri atau akan melakukan outsorce untuk mendapat harga yang lebih murah dengan resiko seminimal mungkin.

  • FaktorPajak

Manager harus mempertimbangkan berapa biaya pajak yang harus dibayarkan untuk project ini, Serta mempelajari regulasi mengenai pajak di negara tujuan FDI.

  • Faktor Permintaan dan Pertumbuhan Pasar

Manager harus memilih negara tujuan yang memiliki permintaan yang tinggi, Daya beli masyarakat yang tinggi serta pertumbuhan pasar yang paling potensial, Sehingga nantinya akan mendapatkan return yang maksimal sesuai yang diharapkan.

 

Oded Shenkar and Yadong Luo. (2004). International Business (for lecturer only). 00. Wiley. United States. ISBN: 0471429376..


Published at :
Written By
Novita, S.Kom., MBA
LS 2 | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close