People Innovation Excellence

Jenis Pengadaaan Barang/Jasa

Oleh : Dr. Sevenpri Candra

Pengadaan barang/jasa di Indonesia dilaksanakan dengan pedoman Keputusan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2003 beserta perubahannya. Dalam pelaksanaannya, proses pemilihan penyedia jasa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode pemilihan/seleksi antara lain : (1) Pelelangan/seleksi umum yaitu suatu metoda pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan secara terbuka dengan pengumuman secara luas melalui media massa, (2) Pelelangan/seleksi terbatas yaitu suatu metode pemilihan penyedia barang/jasa terbatas dalam hal jumlah penyedia jasa yang mampu melaksanakan di yakini terbatas, (3) Pelelangan/seleksi langsung adalah metode pemilihan penyedia barang/jasa dengan membandingkan sekurang-kurangnnya 3 (tiga) penawaran, (4) Penunjukkan langsung adalah metode pemilihan penyedia jasa untuk pekerjaan yang memenuhi kriteria keadaan tertentu dan keadaan khusus, dengan cara penunjukkan langsung terhadap 1 (satu) penyedia jasa.

Lebih lanjut proses pengadaan barang/jasa ini disempurnakan dengan Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 2012. Dimana disebutkan jenis pengadaan barang dan jasa yang dilakukan untuk menentukan Penyedia Jasa dapat dikategorikan. Dan pengkategorian Penyedia Jasa tersebut adalah sebagai berikut: (1) Pengadaan Barang/Jasa Umum adalah metode pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa lainnya untuk semua pekerjaan yang dapat diikuti oleh semua Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang memenuhi syarat; (2) Pengadaan Barang/Jasa Terbatas adalah metode pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi dengan jumlah Penyedia yang mampu melaksanakan diyakini terbatas dan untuk pekerjaan yang kompleks; (3) Pemilihan Langsung Metode pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi untuk pekerjaan yang bernilai paling tinggi Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah); (4) Pengadaan Langsung adalah Pengadaan Barang/Jasa langsung kepada Penyedia Barang/Jasa, tanpa melalui Pengadaan Barang/Jasa/Seleksi/Penunjukan Langsung; (5) Penunjukan Langsung Metode pemilihan Penyedia Barang/Jasa dengan cara menunjuk langsung 1 (satu) Penyedia Barang/Jasa.

Secara umum, siklus kegiataaan pengadaan barang dan jasa ini dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu tahap perencanaan pengadaaan, tahap pemilihan penyedia barang/ jasa, dan tahap manajemen kontrak (LKPP, 2016). Tahapan perencanaan pengadaan ini meliputi beberapa kegiatan, adalah perencanaan umum pengadaan barang/jasa, perencanaan paket dan biaya pengadaan barang/jasa, perencanaan organisasi pengadaan barang/jasa dan perencanaan pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Berlanjut dari tahap perencanaan pengadaan, maka tahap selanjutnya adalah tahap pemilihan barang/jasa. Dimana pada tahapan ini akan dilakukan hal sebagai berikut : perencanaan pemilihan penyedia, penyusunan dokumen pemilihan penyedia dan HPS, pengumuman, pendaftaran dan pengambilan dokumen, penjelasan, pemasukan dan pembukaan dokumen penawaran, evaluasi dokumen penawaran, penetapan pemenang, sanggahan, penerbitan SPPBJ dan terakhir dari proses tahapan ini adalah pembuatan kontrak.

Sedangkan tahap ketiga atau tahap terakhir dari proses pengadaan barang dan jasa ini adalah tahap manajemen kontrak. Tahap manajemen kontrak terdiri dari persiapaan pelaksamaan kontrak, pengelolaan program manajemen mutu/ resiko, pengendalian kontrak, penilaiaan prestasi, pengelolaan jaminan, penyelesaian perselisihan, penangaan kegagalan teknis, pengakhiran kontrak, penerimaan dan penyerahan dan terakhir pelaporan. Untuk lebih mudahnya proses tahapan ini dapat dilihat pada Gambar 1. Siklus Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP, 2016).

1

Gambar 1. Siklus Pengadaan Barang dan Jasa

Sumber: (LKPP, 2016)

 

Referensi

Brandon-Jones, A., & Carey, S. (2011). The impact of user-perceived e-procurement quality on system and contract compliance. International Journal of Operations & Production Management, 31(3), 274-296.

Chaffey, D. (2009). E-business and e-commerce management : strategy, implementation, and practice (4th ed.). England: Pearson Education Limited.

Chang, H. H., & Wong, K. H. (2010). Adoption of e-procurement and participation of e-marketplace on firm performance: Trust as a moderator. Information & Management, 47, 262-270.

Jasin, M., Zulaiha, A. R., Rachman, E. J., & Ariati, N. (2007). Mencegah Korupsi Melalui e-Procurement. Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi.

LKPP. (2016). LKPP – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah. Retrieved March 12, 2016, from http://www.lkpp.go.id/v3/

Panayiotou, N. A., Gayialis, S. P., & Tatsiopoulos, I. P. (2004). An e-Procurement System for Governmental Purchasing. International Journal of Production Economics, 90, 79-102.

Republik Indonesia. (2003). Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 – Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta: Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 – Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah. Jakarta: Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2012). Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 – Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta: Republik Indonesia.

Teo, T. S., Lin, S., & Lai, K.-h. (2009). Adopters and non-adopters of e-procurement in Singapore: An empirical study. Omega, 37, 972-987.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close