People Innovation Excellence

Mengintip Berbagai Perilaku Belanja Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel di Jakarta (Thinking too Much Moms)

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

Menyambung artikel saya sebelumnya, Mengintip Berbagai Perilaku Belanja Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel di Jakarta, berikut akan dijelaskan karakteristik khusus.

thinking too much

Thinking too much moms didominasi oleh millennial moms berusia 25 – 28 tahun yang baru memulai perannya sebagai ibu, di mana anaknya berusia > 1 – 3 tahun. Berbeda dengan segmen lainnya, segmen ini terdiri dari millennial moms yang berprofesi sebagai karyawan level staf, sehingga budget yang dialokasikan untuk kebutuhan anaknya juga terbatas (> Rp 1 juta – Rp 3 juta). Ditambah lagi dengan waktunya yang tidak seluang ibu rumah tangga, maka segmen ini juga lebih jarang berbelanja produk kids apparel, yaitu hanya 1 – 3 kali dalam 3 bulan.

Picture3Segmen ini adalah segmen yang paling berbeda sendiri dengan ketiga segmen lainnya (Tabel 5.4), karena menjadikan harga sebagai pertimbangan utama dalam pemilihan produk kids apparel dan tidak terlalu mempertimbangkan faktor lainnya. Yang terpenting untuk segmen ini adalah ke-efisien-an, dikarenakan waktu dan budget yang terbatas. Hal ini juga disebabkan oleh usia anak yang masih lebih kecil, sehingga belum bisa terlalu dieksplor untuk menjadi fashionista, sehingga yang penting adalah harga yang murah.

Kids apparel retailer yang menjadikan segmen ini sebagai target pasarnya hanya bergantung pada harga yang kompetitif, atau setidaknya ‘terlihat’ murah bagi thinking too much moms. Yang ditonjolkan di toko adalah papan harga atau sale, hal inilah yang bisa menarik segmen ini untuk berkunjung ke toko. Selain itu, strategi bundling juga bisa diterapkan, karena segmen ini jarang meluangkan waktu untuk belanja produk kids apparel dan hanya belanja sesuai kebutuhan, sehingga kemungkinan segmen ini menerapkan sistem ‘menyetok’ perlengkapan apparel untuk anaknya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close