People Innovation Excellence

Mengintip Berbagai Perilaku Belanja Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel di Jakarta

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

Menyambung artikel saya sebelumnya, Pentingnya Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel, bahwa kendati millennials membentuk suatu segmen pasar yang potensial, namun lebih jauh, Butler (2014) menyebutkan bahwa millennials bukan merupakan kelompok homogen. Hal ini sejalan dengan penelitian eksploratori yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, bahwa perilaku belanja millennial moms tidak bisa diseragamkan karena adanya keragaman karakteristik, baik demografi maupun psikografi (Gunawan dan Muchardie, 2014).

Berdasarkan hal tersebut, maka telah dilakukan penelitian terhadap miilennial moms dalam konteks perilaku pembelian produk kids apparel, yang pada akhirnya menghasilkan segmen-segmen pasar yang memerlukan treatment berbeda dari pemasar kids apparel.

Dari hasil analisis dan interpretasi data dengan menggunakan cluster analysis dan multiple discriminant analysis, maka diperoleh segmentasi beserta karakteristik masing-masing sebagai berikut:

Kids apparel segmentation

Dari 306 orang responden, diperoleh hasil pengolahan data bahwa 35 orang masuk ke segmen shopping maniac moms, 106 orang masuk ke segmen buy whatever moms, 60 orang masuk ke segmen thinking too much moms, dan 105 orang masuk ke segmen reasonable choice-making moms. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden terbagi ke dalam segmen buy whatever moms dan segmen reasonable choice-making moms. Sedangkan, segmen shopping maniac moms adalah segmen yang paling sedikit jumlah anggotanya.

Mengenai selisih jarak antara tiap cluster dengan cluster lainnya, diketahui bahwa jarak terjauh adalah antara segmen shopping maniac moms dengan segmen thinking too much moms, yang berarti perbedaan antara kedua segmen tersebut merupakan yang paling signifikan. Sedangkan, jarak terdekat adalah antara segmen shopping maniac moms) dengan segmen reasonable choice-making moms, yang berarti kedua segmen tersebut yang paling bermiripan. Namun dari keempat segmen yang ada, segmen thinking too much moms merupakan segmen yang perbedaannya paling menonjol di antara segmen lainnya.

Karakteristik masing-masing segmen dan implikasinya bagi pemasar kids retailer akan dibahas lebih lanjut pada artikel-artikel berikut ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close