People Innovation Excellence

Perbandingan Antar-Segmen Millennial Moms pada Pasar Kids Apparel di Jakarta

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Untuk menutup rangkaian bahasan saya mengenai Mengintip Berbagai Perilaku Belanja Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel di Jakarta beserta karakter masing-masing segmen yang ada di keempat artikel berikutnya, akan disimpulkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap millennial moms di Jakarta dan implikasinya bagi kids apparel retailer yang menyasar satu atau lebih dari keempat segmen terebut.

Secara keseluruhan, keempat segmen memiliki perilaku belanja dan karakter yang berbeda, kecuali dalam hal usia moms, usia kids, jenis kelamin kids, dan pekerjaan moms, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan di antara keempat segmen tersebut. Tapi selebihnya, dilihat dari faktor fashion conscious, hedonistic, brand conscious, novelty seeking, quality conscious, confused by over-choice, habitual, impulse-buying, budget concern, pengeluaran untuk kebutuhan kids, dan frekuensi belanja kids apparel, keempat segmen tersebut saling berlainan.

Kendati saling berlainan, namun antara segmen shopping maniac moms, buy whatever moms, dan reasonable choice-making moms cenderung tidak jauh perbedaannya. Segmen thinking too much moms merupakan segmen yang paling berlainan daripada ketiga segmen lainnya. Hal ini dikarenakan variabel paling dominan yang berperan sebagai penentu pembagian segmen adalah budget concern. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi kids apparel retailer untuk menentukan target pasarnya, terutama berdasarkan harga.

millennials-moms-2014

Namun, ternyata usia moms dan jenis kelamin kids tidak terlalu memberikan dampak pada perilaku belanja millennial moms secara umum, karena kedua variabel tersebut ditemukan tidak berkorelasi dengan pembagian segmen. Faktor yang lebih tepat untuk dijadikan dasar penentuan target pasar adalah usia kids, pekerjaan moms, alokasi pengeluaran untuk kebutuhan kids, serta frekuensi belanja produk kids apparel. Bisa dikatakan bahwa reasonable choice-making moms merupakan pasar mature bukan dari segi usia moms, melainkan usia anaknya yang sudah cukup besar dan rentang waktu millennial moms menjadi ibu yang menjadikan perilaku belanjanya lebih stabil.

Dari segi jumlah anggota segmen, segmen buy whatever moms dan reasonable choice-making moms merupakan segmen dengan ukuran terbesar, sehingga lebih potensial untuk disasar. Yang perlu dicatat adalah bahwa kedua segmen tersebut saling bertentangan, sehingga lebih sulit untuk menyasar kedua segmen ini secara bersamaan. Berikutnya, segmen thinking too much moms merupakan segmen kedua terbesar yang potensial untuk disasar, serta fashion-maniac moms memiliki anggota paling sedikit. Dengan kata lain, kebanyakan millennial moms di Jakarta bukan berorientasi pada tren atau brand, tapi model yang bervariasi (buy whatever moms) dan kualitas yang terjamin (reasonable choice-making moms).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close