People Innovation Excellence

Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Pembuatan Keputusan untuk Memproduksi Bata Ringan Putih (Bagian 1)

Oleh : Hanisman & Sambudi Hamali (Faculty Member of Management)

 

Pada era global seperti saat ini dimana pembangunan gedung berlangsung sangat massive membuat peningkatan permintaan konsumsi bahan dasar bangunan meningkat pesat. PT. Cahaya Block adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan penjualan batako dan memiliki pelanggan utama di area Jabodetabek. Dengan  perkembangan pembangunan saat ini seharusnya tingkat permintaan batako terus naik, namun kenyataanya permintaan batako PT. Cahaya Block malah cenderung terus menurun setiap tahunnya. Ternyata hal ini terjadi karena pergeseran bahan bangunan yang digunakan developer, dimana saat ini penggunaan bata ringan putih lebih populer dibandingkan pengunaan batako. Bata ini cukup ringan, halus dan memilki tingkat kerataan yang baik. Bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung. Saat ini sudah sangat banyak distributor yang menjual bata ringan ini di pasaran.

Melihat kenyataan sebagaimana yang disebutkan di atas, PT. Cahaya Block sedang mempertimbangkan dan berpikir untuk berekspansi dengan memproduksi bata ringan putih untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Namun hal ini memerlukan beberapa pertimbangan-pertimbangan yang matang untuk dapat memutuskan apakah PT. Cahaya Block akan memproduksi bata ringan putih atau tidak. Karena untuk bisa memproduksi bata ringan putih dibutuhkan mesin baru, lahan yang luas dan juga adanya perbedaan bahan baku antara batako dan bata ringan putih sehingga perlu mencari supplier baru dalam hal bahan baku agar mampu memproduksi bata ringan putih.

Berdasarkan uraian di atas, untuk mengatasi masalah yang dihadapi PT. Cahaya Block dalam pengambilan keputusan yang tepat digunakan pendekatan manajemen operasi, salah satu metode yang sering digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Decision Tree. Pada artikel ini akan dibahas pengambilan keputusan produksi bata ringan putih dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pertama penulis akan mencari kriteria-kriteria apa saja yang menjadi pertimbangan untuk memutuskan membuat bata ringan putih atau tidak, setelah itu akan ditentukan skala prioritas mana yang yang menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan dan pada akhirnya akan ditentukan keputusan setelah dilakukan analisis.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close