People Innovation Excellence

Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Pembuatan Keputusan untuk Memproduksi Bata Ringan Putih (Bagian 3)

Oleh : Hanisman & Sambudi Hamali (Faculty Member of Management)

 

HASIL DAN BAHASAN

Bobot para pengambilan keputusan ditentukan dengan berdiskusi dengan para pengamtbil keputusan, maka di peroleh hasil seperti berikut

Tabel 1 Hasil Perhitungan

Buat Tidak
Direktur 0.75 0.25
Manajer Umum 0.79 0.21

Sumber: Hasil Pengolahan Data, 2015

 

Langkah berikikutnya yaitu mengkalikan jumlah dari setiap penilaian akhir dengan bobot para pengambil keputusan. Bobot Pengambil keputusan ditentukan secara diskusi bersama dengan Direktur dan manajer umum. Hasilnya dapat dilihat pada tabel berikut.

 

Tabel 2 Perhitungan akhir

Bobot Pengambil Keputusan Buat Tidak
Direktur 0.70 0.525* 0.175
Manajer Umum 0.30 0.237 0.063
Total 1.00 0.762 0.238

Sumber: Hasil Pengolahan Data, 2015

 

* Diperoleh dari bobot pengambil keputusan x Bobot  Score tiap keputusan

= 0.70 x 0.75 =  0.525

 

Berdasarkan hasil dari pengolahan data dari direktur dan manajer umum, akhirnya didapatkan nilai 0.762 untuk buat dan 0.238 untuk tidak. Hal ini menunjukan bahwa PT. Cahaya Block memiliki kecenderungan untuk memutuskan membuat bata ringan putih.

 

Analisa Keputusan Berdasarkan Hasil Perhitungan AHP

  1. Hasil dari pengolahan data dari direktur dan manajer umum, didapatkan nilai 0.762 untuk buat dan 0.238 untuk tidak membuat. Sehingga PT. Cahaya Block sebaiknya membuat bata ringan putih.
  2. Biaya, untuk kriteria biaya, PT. Cahaya Block menjadikannya pertimbangan utama, dimana mereka merasa mampu untuk memenuhi kebutuhan akan biaya baik biaya untuk membeli mesin baru maupun biaya untuk pembelian bahan baku sehingga mereka memiliki kecenderungan untuk memilih membuat bata ringan putih.
  3. Bahan Baku, untuk kriteria ini, bahan baku merupakan prioritas ke dua setelah biaya, karena tentu untuk memproduksi sesuatu diperlukan bahan baku. Hal ini apakah PT. Cahaya Block akan mampu menemukan supplier baru untuk beberapa bahan yang berbeda dengan bahan batako?. Setelah wawancara mereka cukup yakin bisa memenuhi kebutuhan akan supplier baru.
  4. Lokasi, lokasi merukapan kriteria ke tiga setelah Biaya dan Bahan baku. Lokasi bukan merupakan concern utama dalam pembuatan keputusan ini, namun tetap menjadi bahan pertimbangan dan setelah didiskusikan, mereka para pengambil keputusan merasa akan mampu memenuhi kriteria lokasi baik untuk lahan pabrik baru maupun dalam hal memiliki jarak yang baik dengan pasar dan dengan supplier
  5. Manajemen, untuk manajemen merupakan prioritas terkecil. Hal ini dikarenakn sifat manajemen yang akan di gunakan hanyalah sebagai supervisior dimana keputusan akan tetap di pegang oleh direktur dan manajer umum sehingga baik untuk mendapatkan manajer maupun pekerja PT. Cahaya Block yakin akan mampu mendapatknya.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close