People Innovation Excellence

ANALISA KEPUTUSAN (Bagian 2)

Oleh : Sambudi Hamali, ST, MM (Faculty Member of Management)

Keberhasilan atau kegagaln yang dialami seseorang dalam hidup tergantung pada keputusan yang ia buat. Oleh karenanya ada ungkapan “Life is a Choice”, ya hidup adalah sebuah pilihan diantara sekian banyak pilihan. Untuk memilih pilihan yang terbaik tentu saja kita harus membuat keputusan yang tepat. Dalam ilmu manajemen dikenal teori keputusan. Teori keputusan adalah pendekatan analitik dan sistematis untuk mempelajari pengambilan keputusan.

Sebenarnya apa yang membedakan antara keputusan yang baik dengan yang buruk?. Sebuah keputusan yang baik adalah yang didasarkan pada logika, mempertimbangkan semua data yang tersedia dan alternatif-alternatif kemungkinan, serta menerapkan pendekatan kuantitatif yang tepat. Kadang-kadang, keputusan yang baik menghasilkan hasil yang tak terduga atau tidak menguntungkan. Tetapi jika dilakukan dengan benar hal ini masih merupakan keputusan yang baik, karena meskipun sesekali keputusan yang baik menghasilkan hasil yang buruk, dalam jangka panjang, penggunaan teori keputusan akan menghasilkan hasil yang sukses.

Langkah-langkah dalam membuat keputusan yang baik pada dasarnya sama. Menurut Render, dkk (2015) ada enam langkah dalam pengambilan keputusan:

  1. Definisikan masalah yang dihadapi dengan jelas.
  2. Buat daftar alternatif-alternatif yang mungkin.
  3. Identifikasi hasil yang mungkin terjadi di masa yang akan datang atau dikenal dengan kondisi dasar (state of nature).
  4. Buat tabel hasil keputusan (payoff tables) dari setiap kombinasi alternatif dan hasil yang mungkn terjadi, biasanya keuntungan.
  5. Pilih salah satu model teori keputusan matematika.
  6. Terapkan model dan buat keputusan Anda.

Sebagai ilustrasi terhadap langkah-langkah tersebut di atas, kasus Thompson Lumber Company dapat dijadikan contoh untuk menggambarkan langkah teori keputusan tersebut. John Thompson adalah pendiri dan presiden Thompson Lumber Company, sebuah perusahaan yang terletak di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Langkah 1. Masalah yang dihadapi John Thompson adalah apakah akan memperluas lini produknya dengan memproduksi dan memasarkan produk baru.

Langkah 2. Membuat daftar alternatif-alternatif yang mungkin. Dalam teori keputusan, alternatif didefinisikan sebagai suatu tindakan atau strategi yang dapat dipilih seorang pengambil keputusan. Pada langkah dua ini John memutuskan bahwa alternatifnya adalah untuk membangun (1) pabrik baru yang besar, (2) pabrik yang kecil, atau (3) tidak membangun sama sekali (yaitu, ia memiliki pilihan untuk tidak mengembangkan lini produk baru).

Langkah 3. Mengidentifikasi hasil yang mungkin terjadi di masa yang akan datang atau yang dikenal dengan kondisi dasar (state of nature). Kesalahan umum seorang pengambil keputusan adalah melupakan atau meninggalkan beberapa hasil yang mungkin terjadi. Pada langkah tiga ini Thompson menentukan bahwa ada dua kondisi dasar yang mungkin terjadi di masa yang akan datang, yaitu pasar yang menguntungkan (favorable) yang berarti bahwa ada permintaan yang tinggi untuk produk dan pasar yang tidak menguntungkan (unfavorable) yang berarti permintaan rendah untuk produk.

Setelah alternatif dan kondisi dasar ditentukan, selanjutnya adalah mengungkapkan hasil yang didapatkan dari setiap kombinasi yang mungkin dari alternatif dan kondisi dasar. Dalam teori keputusan disebut payoff atau nilai keuntungan bersyarat. John Thompson telah mengevaluasi potensi keuntungan yang terkait dengan berbagai hasil. Pada membangun pabrik yang besar bila pasar yang menguntungkan (favorable), ia akan menghasilkan laba bersih sebesar $ 200.000. Nilai $ 200.000 adalah nilai bersyarat karena Thompson menerima uang tersebut tergantung pada baiknya membangun pabrik besar dan memiliki pasar yang bagus. Nilai kondisional jika pasar tidak menguntungkan (unfavorable) akan rugi sebesar $ 180.000. Pada membangun pabrik kecil akan menghasilkan laba bersih sebesar $ 100.000 dalam pasar yang menguntungkan, tetapi mengalami kerugian $ 20.000 jika pasar tidak menguntungkan. Akhirnya, tidak melakukan apa-apa akan menghasilkan $ 0 keuntungan.

Langkah 4. Membuat tabel hasil keputusan (payoff tables) dari setiap kombinasi alternatif dan hasil yang mungkin terjadi. Secara umum, tabel hasil keputusan adalah alat untuk mengorganisasi dan mengilustrasikan hasil-hasil dari berbagai keputusan yang berbeda, berdasarkan bermacam-macam kondisi dasar dalam suatu masalah. Bentuk tabel dapat dilihat sebagai berikut.

Tabel Payoff Membangun Pabrik Thompson Lumber Company

Alternatif Kondisi Pasar
Menguntungkan

(dlm $)

Tidak Menguntungkan

(dlm $)

Membangun pabrik besar 200,000 -180,000
Membangun pabrik kecil 100,000 -20,000
Tidak melakukan apapun 0 0

Langkah 5 dan 6. Dua langkah terakhir adalah untuk memilih model teori keputusan dan menerapkannya pada data untuk membantu membuat keputusan. Memilih model tergantung pada lingkungan di mana Anda beroperasi dan melibatkan sejumlah risiko serta ketidakpastian.

 

Sumber Bacaan :

Render, Barry., Stair, Ralph M., Hanna, Michael E. (2015). Quantitative Analysis for Management.  Ed. 12. Boston: Pearson Education.

Taylor, Bernard W.  (2013). Introduction to Management Science.  Ed. 11. New Jersey: Pearson.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close