People Innovation Excellence

ANALISA KEPUTUSAN (Bagian 3)

Oleh : Sambudi Hamali, ST, MM (Faculty Member of Management)

Jenis-jenis Lingkungan Pengambilan Keputusam

Jenis-jenis keputusan yang dibuat seseorang tergantung pada seberapa banyak pengetahuan atau informasi yang dimiliki tentang situasi. Ada tiga jenis lingkungan pengambilan keputusan:

  1. Pengambilan keputusan dalam keadaan pasti
  2. Pengambilan keputusan dalam ketidakpastian
  3. Pengambilan keputusan dibawah risiko

Tipe 1: Pengambilan Keputusan Dalam Keadaan pasti

Dalam lingkungan pengambilan keputusan dalam keadaan pasti, pengambil keputusan mengetahui dengan pasti konsekuensi dari setiap alternatif pilihan atau keputusan. Tentu saja akan memilih alternatif yang akan memaksimalkan kesejahteraan atau akan menghasilkan yang terbaik.

Mari kita lihat bagaimana pengambilan keputusan dalam keadaan pasti dapat mempengaruhi John Thompson. Di sini kita mengasumsikan bahwa John tahu persis apa yang akan terjadi di masa depan. Jika ternyata bahwa ia tahu dengan pasti bahwa pasar untuk gudang penyimpanan akan menguntungkan, apa yang harus ia lakukan? Lihat kembali nilai-nilai kondisional Thompson Lumber pada tabel sebelumnya. Karena pasar yang menguntungkan, ia harus membangun pabrik besar, yang memiliki keuntungan tertinggi, $ 200.000.

Contoh lain misalnya Anda memiliki $ 1.000 untuk berinvestasi dengan jangka waktu 1 tahun. Salah satu alternatif adalah dengan membuka rekening tabungan dengan bunga 6%/tahun dan yang lainnya adalah berinvestasi dalam bentuk obligasi dengan bunga 10%/tahun. Jika investasi kedua aman dan terjamin, ada kepastian bahwa obligasi akan memberikan pengembalian yang lebih tinggi (pilihan terbaik), karena setelah satu tahun bunga yang akan anda terima sebesar $ 100.

Beberapa manajer akan cukup beruntung untuk memiliki informasi dan pengetahuan yang lengkap tentang kondisi dasar (state of nature) sebagai bahan pertimbangan.

Tipe 2: Pengambilan Keputusan Dalam Ketidakpastian

Dalam membuat keputusan di bawah kondisi ketidakpastian, kita mengacu kepada situasi dimana terdapat lebih dari satu hasil yang mungkin terjadi dari suatu keputusan, dan probablilitas setiap kemungkinan tidak diketahui. Ada beberapa kriteria untuk membuat keputusan di bawah kondisi ketidakpastian yaitu optimis (maximax), pesimis (maximin), kriteria realisme (Hurwicz), Equally likely (Laplace) dan Minimax regret.

Tipe 3: Pengambilan Keputusan Dibawah Risiko

Dalam membuat keputusan di bawah risiko, ada beberapa kemungkinan hasil untuk setiap alternatif, dan pembuat keputusan tahu probabilitas terjadinya setiap hasil. Kita tahu, misalnya, bahwa ketika bermain kartu menggunakan standar deck, probabilitas menjadi ditangani klub adalah 0,25. Probabilitas bergulir 5 pada die adalah 1/6. Dalam membuat keputusan di bawah risiko, pembuat keputusan biasanya mencoba untuk memaksimalkan kesejahteraan yang diharapkannya.

model teori keputusan untuk masalah bisnis dalam lingkungan ini biasanya menggunakan dua kriteria setara: maksimalisasi nilai moneter yang diharapkan (EMV) biasanya disebut expected value dan minimalisasi opportunity loss yang diharapkan.

 

Sumber Bacaan :

Render, Barry., Stair, Ralph M., Hanna, Michael E. (2015). Quantitative Analysis for Management.  Ed. 12. Boston: Pearson Education.

Taylor, Bernard W.  (2013). Introduction to Management Science.  Ed. 11. New Jersey: Pearson.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close