People Innovation Excellence

EXPERIENTIAL MARKETING

Oleh: Rita, SE, M.Si. (Faculty Member of International Marketing)

Menurut Kartajaya (2004, p163) Experiential Marketing adalah suatu konsep pemasaran yang bertujuan untuk membentuk pelanggan-pelanggan yang loyal dengan menyentuh emosi mereka dan memberikan suatu feeling yang positif terhadap produk dan jasa.

Ada beberapa merek yang sudah mencoba untuk menerapkan strategi Experiential Marketing, diantaranya:

  1. Citilink

Budaya menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan sudah tertanam di seluruhciti jajaran kru Citilink. Strategi Experiential Marketing Citilink adalah dengan memberikan pelayanan yang prima, seperti jadwal yang tepat waktu (85% average selama semester 2015), keramahan kru pesawat, shelf check-in machine di bandara, dan free airport tax-easy boarding.

  1. Kimia Farma

kimiaStrategi Experiential Marketing Kimia Farma Apotek adalah dengan melaksanakan kegiatan “Kimia Farma Experience” yang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: Surprise Gift, Home Care, dan Funniest Selfie with Pharmacist Photo Competition.

Program membership dan contact center Kimia Farma (call center, Twitter, Facebook) pun diluncurkan sebagai upaya semakin mendekatkan diri dengan pelanggan dan memahami kebutuhan mereka.

  1. Natasha Skin Care

Strategi Experiential Marketing Natasha Skin Care adalah melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan pelanggan secara langsung, mulai dari Free Treatment & konsultasi di setiap kegiatan pameran, kompetisi (Tebak Berapa Usiaku, Girl’s Secret Dinner, Selfie with Mommy, Kilau Natasha Goes to Korea) hingga program taktikal memperingati agenda publik (Father Day’s Out).

natasha

  1. Prenagen

prenaStrategi Experiential Marketing Prenagen salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan “Pregnancy Educational Journey” yang sudah berjalan sejak tahun 2012 di berbagai kota dan telah mengedukasi sekitar 3 juta ibu di Indonesia.

Berbagai macam kegiatan dalam event ini diantaranya adalah talk show, konsultasi dan demo area, dan Prenagen Temu Cantik.

  1. Watsons

Ada lima strategi Experiential Marketing Watsons. Pertama, “Goin On Office to Office” dalam bentuk eksibisi kecil. Kedua, partnership dengan Dorothy Perkins, merek fashion di bawah jaringan MAP (Mitra Abadi Perkasa).

watsons

Ketiga, partnership dalam Electronic Solution (ES). Keempat, Watsons Special, program ini hanya berlangsung selama 10 pay days periode Februari-Juni 2015. Kelima, Watsons Code, semacam program daily deals di internet.

Dengan adanya Experiential Marketing, pelanggan akan mampu membedakan produk dan jasa satu dengan yang lainnya karena mereka dapat merasakan dan memperoleh pengalaman secara langsung melalui lima pendekatan (sense, feel, think, act, dan relate), baik sebelum maupun ketika mereka mengkonsumsi sebuah produk dan jasa. (Berbagai Sumber).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close