People Innovation Excellence

FOREIGN EXCHANGE MARKET

Written by: Rianto Nurtjahjo, SE,MM

Pasar Valuta Asing/Foreign Exchange Market

A. Pemahaman tentang Pasar Valuta Asing

Dalam perdagangan internasional tentunya setiap negara memiliki satuan mata uang yang berbeda-beda; misalnya Amerika Serikat dengan menggunakan US Dolar, Inggris dengan Poundsteriling, Jepang dengan Yen, dan Indonesia dengan Rupiah. Alat pembayaran inilah yang disebut valuta asing.

Dalam valuta asing dikenal juga dengan nama Pasar Valuta Asing (Valas)/Foreign Exchange Market dimana pasar yang memperdagangkan valuta asing orang dapat memperoleh fasilitas untuk melakukan pembayaran atau menerima pembayaran dari penduduk negara lain. Secara umum akan terjadi demand dan supply yang dilakukan di bursa valuta asing  dengan penyelenggara dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Dari pertemuan terhadap Demand dan supply akan membentuk Kurs atau nilai tukar (exchange rate). Kurs ini terdiri dua bagian:

  1. Kurs jual, adalah apabila bank atau lembaga keuangan lainnya menjual/mengeluarkan uang asing.
  2. Kurs beli, adalah apabila bank atau lembaga keuangan lainnya membeli/menerima uang asing.

B. Fungsi Pasar Valuta Asing

  1. Transfer Daya Beli (Transfer of Purchasing Power)  Dalam perdagangan internasional hal ini sangatlah diperlukan, karena pada dasarnya untuk menjual atau membeli sebuah barang di luar negeri kita harus menggunakan mata uang yang berlaku.
  2. Mempermudah pertukaran valas serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lain sehingga dapat memungkinkan terjadinya kliring internasional;
  3. Penyedia kredit, artinya pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit;
  4. Membatasi risiko, artinya pada pasar valuta asing memungkinkan dilakukannya kemungkinan perubahan terhadap harga ;
  5. Spekulasi, artinya pada orang dapat melakukan spekulasi menerima bahkan mencari risiko dengan harapan memperoleh  keuntungan.

C.Pelaku Pasar Valas

1.  Dealer, Dealer pada umumnya dealer mengkhususkan pada mata uang tertentu dan menetapkan tingkat persediaan tertentu pada mata uang tersebut.

2. Perusahaan atau Perorangan , pada umumnya dimanfaatkan untuk memperlancar transaksi bisnis. Contoh kasus dalam hal ini adalah eksportir, importir, investor internasional, perusahaan multinasional dan lain sebagainya.

3.  Spekulan dan Arbitrator Orang yang mengeksploitasi perbedaan kurs antar valas. Peran spekulan dan arbitrator semata – mata didorong oleh motif mengejar keuntungan. Mereka mendaptkan keuntungan dari fluktuasi drastis yang terjadi di pasar valas.

4. Bank Sentral, Pada intinya Bank Sentral melakukan jual beli valuta asing untuk menstabilkan nilai tukar mata uangnya atau juga biasa disebut dengan istilah kegiatan intervensi.

5. Pialang, Pialang  bertindak sebagai perantara yang mempertemukan demand dan supply terhadap mata uang tertentu. Secara tidak langsung Pialang memiliki akses langsung dengan dealer dan bank di seluruh dunia.

6. Pemerintah tujuan pemerintah melakukan transaksi valuta asing antara lain untuk membayar hutang luar negeri, menerima pendapatan dari luar neger yang harus ditukarkan lagi kedalam mata uang lokal.


Published at :
Written By
Rianto Nurtjahjo, SE,MM
SCC | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close