People Innovation Excellence

TIPS SUKSES MENEMBUS PASAR EKSPOR UNTUK UMKM

Written By: Rianto Nurtjahjo, SE,MM

Saat ini banyak perusahaan yang tidak hanya memusatkan perhatian mereka pada pasar domestik saja. Sebagian besar perusahaan dan industri pasti ingin meraup profit  dari pasar ekspor yang menjadi impian bagi para pelaku bisnis. Berbagai macam cara promosi dilakukan, mulai dari mengikuti sebuah pameran hingga menitipkan barang produksinya kepada saudara maupun teman yang tinggal di luar negeri demi memperoleh konsumen

Bagi Anda para teman-teman para UMKM yang ingin berencana merentangkan sayapnya ke pasar ekspor, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pelaku bisnis untuk menghindari resiko besar yang dapat dialami dalam pasar internasional. Resiko tersebut dapat terjadi karena kondisi politik, ekonomi yang tidak stabil, pergerakan mata uang, dll.

Berikut ini adalah tips sukses menembus pasar ekspor untuk UMKM

Standar kualitas produk

Kebanyakan UKM mengeluarkan produk yang standarnya biasa dan sudah banyak diproduksi pelaku usaha lain. Kencenderungannya adalah membuat produk yang sedang digandrungi pasar. Agar produknya dilirik dan mampu bersaing, pelaku usaha harus menonjolkan nilai lebih. Harusnya ada pembeda dan kelebihan produk.

Riset kebutuhan pasar

Ide untuk membuat produk yang tak pasaran. Tapi jangan hanya asal tampil berbeda tapi perlu ada riset soal kebutuhan pasar. Kecenderungan lain pelaku usaha adalah membuat produk yang sangat idealis tanpa mempertimbangkan kebutuhan calon konsumen. Lebih baik melakukan riset produk lebih awal sesuai permintaan pasar dan lebih banyak mengeksplorasi produk kreatif.  Sebagai contoh untuk handycraft adalah keunggulan UKM.

Metode pemasaran secara inovatif

Jika ingin menembus pasar yang lebih luas, perlu teknik pemasaran yang juga berdampak luas. Jangan mengandalkan pemasaran dengan cara biasa-biasa.Salah satu cara dengan menerapkan teknik pemasaran online. Investasikan modal khusus untuk membuat website yang menarik dan mudah diakses calon pembeli. UKM dapat juga memanfaatkan e-commerce. Selain itu rajin ikuti pameran dan kerjasama dengan pemerintah agar dapat berpameran di luar negeri.

Regulasi ekspor impor

Persoalan regulasi untuk ekspor dan impor memang sedikit rumit. Namun  bila UMKM ingin sukses menembus pasar, pahami regulasi dan tata cara teknis terkait ekspor dan impor baik di Indonesia maupun di negara tujuan ekspor.Hal ini sejalan dengan riset kebutuhan pasar, agar tahu produk seperti apa yang boleh dan tidak boleh dipasarkan ke negara tujuan ekspor.

Konsistensi pasokan produk.

Persoalan berikutnya yang juga kerap dialami UKM adalah keterbatasan produksi, bahkan parahnya lagi ada yang tidak konsisten dalam memasok produk.

Biasanya UKM bermasalah saat ada permintaan besar dari luar negeri, karena masalah produksi dan permodalan.

Masalah permodalan ini bisa diatasi dengan mengajukan pembiayaan ke lembaga-lembaga perbankan. Kontrak dengan jaminan pembayaran dari pembeli juga bisa jadi modal untuk mendapatkan pembiayaan.

Trust /Jaga kepercayaan

Para UMKM  yang baru terjun memang tak mudah langsung bersaing di pasar bebas di luar negeri. Tentunya diperlukan jaringan dan pengalaman. Untuk perusahaan yang baru memulai bisnis, sebaiknya bersinergi dengan perusahaan yang sudah pengalaman mengekspor dengan cara menjadi sub tender. Jika sudah dapat pasar sendiri, jaga kepercayaan pembeli dengan tertib pada regulasi


Published at :
Written By
Rianto Nurtjahjo, SE,MM
SCC | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close